BKN Resmi Umumkan Tahapan Pengadaan PPPK 2022 DIMULAI, Honorer & Pelamar Umum Siap-Siap ya

BKN Resmi Umumkan Tahapan Pengadaan PPPK 2022 DIMULAI, Honorer & Pelamar Umum Siap-Siap ya

Kamis, 01 September 2022


Gurubisa.com - Tahapan pengadaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) tahun anggaran 2022 sudah dimulai.


Ditandai dengan penyerahan naskah soal seleksi kompetensi manajerial, sosial kultural, dan wawancara PPPK 2022.


Naskah soal tersebut diserahkan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Suharti kepada panitia seleksi nasional (Panselnas) pengadaan aparatur sipil negara (ASN) tahun 2022 pada 29 Agustus. 


Selain itu, diserahkan juga naskah soal seleksi kompetensi teknis jabatan fungsional dosen.


Panselnas yang diwakili Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Alex Denni mengungkapkan pihaknya selalu berkontemplasi demi perbaikan pengadaan ASN dan transformasi SDM aparatur secara menyeluruh.


“Panselnas terbuka terhadap berbagai masukan agar transformasi (SDM aparatur) ini tidak dicederai oleh kejadian yang tidak diharapkan,” ujar Alex, Kamis (1/9).


Alex memastikan naskah soal yang telah diserahkan akan digunakan dalam seleksi kompetensi PPPK 2022.


Seleksi kompetensi ini dilakukan untuk menilai kesesuaian kompetensi manajerial, kompetensi teknis, dan kompetensi sosial kultural yang dimiliki pelamar dengan standar kompetensi jabatan calon pelamar. 


Naskah soal, kata Alex, diserahkan dalam bentuk dokumen digital terenkripsi untuk mencegah kebocoran data.


Hal ini juga demi menjamin transparansi, objektivitas, dan akuntabilitas dalam setiap tahapannya.


Tim Panselnas yang terdiri dari KemenPAN-RB, BSSN, BPKP, BRIN, dan BKN ikut terlibat dalam pengawasan dan pengamanan kegiatan penyusunan dan transfer naskah soal seleksi PPPK. 


Alex yang merupakan sekretaris tim pengarah Panselnas pengadaan CASN 2022 menyampaikan apresiasinya kepada Kemendikbudristek yang telah mengoordinasikan penyusunan naskah soal seleksi kompetensi dan wawancara PPPK.


Selain itu, juga naskah soal seleksi kompetensi teknis PPPK untuk dosen dengan baik.


Panselnas diharapkan bisa tetap solid dalam menjaga keamanan dan kerahasiaan soal sejak diterima, ditransfer dari server Kemendikbudristek ke server BKN, dan sampai dengan digunakan untuk proses seleksi nantinya.


 “Mari kawal, kelola serta manfaatkan dengan baik dan bertanggung jawab agar seluruh proses seleksi bisa berjalan dengan lancar,” ucap Alex. (esy/jpnn)


Sumber : jpnn.com


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.