Jelang Penghapusan di Tahun 2023 : Guru Honorer yang TIDAK TERDAFTAR DAPODIK Diharuskan Bersiap Untuk Ini

Jelang Penghapusan di Tahun 2023 : Guru Honorer yang TIDAK TERDAFTAR DAPODIK Diharuskan Bersiap Untuk Ini

Jumat, 19 Agustus 2022


Gurubisa.com - Ditengah merebaknya pemberitaan mengenai rencana penghapusan tenaga honorer oleh pemerintah, sejumlah guru honorer terutama yang tidak terdaftar Dapodik menantikan peluang untuk kesejahteraan jenjang karirnya.


Terlebih lagi guru honorer yang telah cukup lama mengabdikan diri pada sekolah akan tetapi masih juga belum bisa terdaftar pada Dapodik.


Jelang penghapusan tenaga honorer di tahun 2023, Kemdikbud memberikan peluang pada guru honorer yang tidak terdaftar pada Dapodik untuk mengikuti PPG Prajabatan Tahun 2022.


Dikutip BeritaSoloRaya.com melalui Youtube Calon Guru (Kanjeng Mariyadi Ngawi) Kemdikbud telah membuka pendaftaran PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2022 dan hingga saat ini kegiatan PPG Prajabatan Gelombang 1 masih berlangsung.


Kemdikbud akan kembali membuka PPG Prajabatan Gelombang 1 yang diperuntukkan guru honorer yang tidak terdaftar pada Dapodik.


Oleh karenanya guru honorer yang tidak terdaftar pada Dapodik harus bersiap untuk hal tersebut terutama pada saat pendaftaran dibuka.


PPG Prajabatan Gelombang 2 merupakan salah satu model PPG Prajabatan model baru yang diselenggarakan oleh Kemdikbud.


Oleh karena itu pada pelaksanaan PPG prajabatan Gelombang 2 guru honorer yang tidak terdaftar Dapodik baik negeri maupun swasta yang TMT nya berada pada tahun 2020 hingga 2022 dapat mengikutinya.


Hal tersebut sebagaimana timeline yang dipaparkan oleh Kemdikbudristek tertulis bahwa PPG Prajabatan diperuntukkan untuk guru yang TMT nya berada pada tahun 2020 hingga 2022.


Kabar akan segera dibukanya PPG prajabatan Gelombang 2 disampaikan pada instagram @ppgkemdikbud.


“SahabatPPG, sudah siapkah Anda untuk bergabung dalam transformasi Pendidikan? Untuk kesejahteraan guru, pemerataan Pendidikan, membentuk Pelajar Pancasila, dan menjadi guru-guru Profesional? Persiapkan diri Anda...!!! Bersama PPG Prajabatan Tahap II Tahun 2022...!!!’. Tulis akun instagram @ppgkemdikbud pada 5 Agustus 2022.


Dalam akun instagram tersebut Kemdikbud memberikan sinyal akan dibukanya program PPG Prajabatan Gelombang 2 tahun 2022.


Akan tetapi hingga saat ini, belum ada informasi resmi mengenai tanggal pembukaan pendaftaran PPG Prajabatan Gelombang 2 tahun 2022.


Dengan mengikuti PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2022, guru honorer yang tidak terdaftar Dapodik memiliki sejumlah keuntungan guna kesejahteraan capaian karirnya dalam dunia pendidikan.


Apa saja keuntungan mengikuti PPG Prajabatan 2022 di Gelombang 2 nanti? Diantaranya adalah sebagai berikut :


1. Dapat ditugaskan mengajar di satuan pendidikan manapun yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud selama 2 tahun setelah penetapan penugasan diberikan.


2. Kemudian pada jenjang karir PPG Prajabatan dimaksudkan untuk mengisi formasi guru yang telah pensiun mulai tahun 2022.


3. Langsung tersertifikasi sebagai pendidik.


4. Dapat mengikuti seleksi ASN PPPK maupun CPNS dan jika lulus dapat memilih jalur karir apakah sebagai guru atau Kepemimpinan Sekolah


5. Dapat memulai sebagai guru ASN PPPK dan mengisi level guru pertama


Sebagai tambahan informasi bahwa pada tahun 2022 jumlah kekurangan guru atas adanya guru yang telah pensiun berjumlah 1.167.802.


Sedangkan pada Tahun 2023 mendatang yaitu sebanyak lebih dari 1 juta 200 ribu guru dan pada tahun 2024 nanti kekurangan guru sejumlah lebih dari 1 juta 300 ribu guru.


Semoga informasi ini bermanfaat.***


Sumber : pikiran-rakyat.com


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.