DIPERMUDAH, Penuhi Ketentuan Ini Guru Honorer Punya Peluang Besar untuk Jadi ASN pada PPPK 2022, Apa Saja?

DIPERMUDAH, Penuhi Ketentuan Ini Guru Honorer Punya Peluang Besar untuk Jadi ASN pada PPPK 2022, Apa Saja?

Rabu, 24 Agustus 2022



Gurubisa.com - Seluruh guru honorer yang ingin menjadi pegawai ASN pada seleksi PPPK 2022 mendatang harus cermati informasi ini.


Ternyata ada ketentuan bagi guru honorer untuk bisa menjadi ASN pada PPPK 2022, yang bisa dikatakan sebagai bentuk kepastian pengangkatan dari Pemerintah.


Bahkan Pemerintah juga sedang bersiap dan fokus untuk melakukan pengangkatan guru honorer menjadi ASN PPPK sebelum adanya penghapusan tenaga honorer pada 2023.


Lebih lanjut, Kepala BKN menerangkan bahwa Pemerintah akan meniadakan seleksi CPNS untuk tahun 2022 ini dan akan fokus dengan seleksi PPPK.


Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BKN pada tanggal 15 Agustus 2022 lalu, dan Pemerintah memilih PPPK sebagai ikhtiar untuk mengangkat honorer menjadi ASN.


Meskipun kebutuhan dalam seleksi PPPK 2022 belum diinformasikan lebih lanjut, ternyata terdapat informasi bahwa tidak semua guru honorer bisa mengikuti seleksi PPPK 2022.


Sebab Pemerintah dan Menpan RB sudah menetapkan ketentuan bagi guru honorer  yang hendak mendaftar pada seleksi PPPK 2022 ini.


Jika guru honorer sudah memenuhi ketentuan dari Pemerintah tersebut, maka juga memiliki peluang untuk memenuhi kriteria lebih tinggi untuk diangkat menjadi pegawai ASN.


Sebagaimana yang termaktub dalam Peraturan Pemerintah Nomor. 49 Tahun 2018 yang diberlakukan pada tanggal 28 November 2018, ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi bagi pelamar yang ingin ikut serta dalam seleksi PPPK, yaitu sebagai berikut:


1. WNI (Warga Negara Indonesia).

2. Usia minimal 20 tahun.

3. Tidak pernah memiliki riwayat dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan selama dua tahun atau lebih.

4. Tidak pernah memiliki riwayat diberhentikan dengan hormat karena keinginan sendiri atau diberhentikan secara tidak hormat sebagai PNS, PPPK, TNI, polisi atau pegawai swasta.

5. Bukan anggota atau pengurus partai politik atau bahkan terlibat politik praktis.


Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh jabatan yang akan dilamar.


Memiliki kompetensi sesuai dengan sertifikasi keahlian tertentu yang masih berlaku dari lembaga profesi yang berwenang untuk jabatan yang mempersyaratkan.


Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan yang dilamar.


Memenuhi persyaratan sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh PPK.


Lebih lanjut, Menpan RB menerbitkan Surat Edaran (SE) dengan Nomor B/1511/M.SM.01.00/2022 yang juga memberikan ketentuan bagi guru honorer dan pegawai non ASN yang ingin mengikuti seleksi PPPK 2022.


Simak ketentuannya sebagai berikut:


- Tenaga honorer memiliki status sebagai Tenaga Honorer Kategori II (THK-2), terdaftar dalam database Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan telah bekerja pada instansi pemerintah.


- Memperoleh gaji atau honorarium dengan mekanisme pembayaran langsung yang berasal dari APBN untuk Instansi Pusat dan APBD untuk instansi Daerah. Maknanya bukan melalui mekanisme pengadaan barang dan jasa baik individu maupun pihak ketiga.


- Minimal tenaga honorer diangkat paling rendah oleh pimpinan unit kerja.


- Minimal tenaga honorer sudah bekerja satu tahun pada tanggal 31 Desember 2021


- Tenaga honorer minimal berusia 20 tahun dan maksimal 56 tahun pada 31 Desember 2021.


Dengan ketentuan tersebut yang disebutkan dalam Peraturan Pemerintah dan Menpan RB maka tenaga honorer atau pegawai non ASN memiliki peluang untuk ikut seleksi PPPK 2022.


Untuk itu, jangan sampai lewatkan seleksi PPPK 2022 ini ya! Ikuti semua ketentuan dari Pemerintah dan jangan lupa update informasi terus melalui laman resmi Pemerintah.***


Sumber : pikiran-rakyat.com


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.