TERNYATA Ini Penyebab Konfirmasi Kesediaan PPG 2022 TIDAK MUNCUL di SIMPKB Padahal Sudah Dinyatakan Lolos, Guru Harus Tahu!
CopyAMP code

TERNYATA Ini Penyebab Konfirmasi Kesediaan PPG 2022 TIDAK MUNCUL di SIMPKB Padahal Sudah Dinyatakan Lolos, Guru Harus Tahu!

Sabtu, 09 Juli 2022


Gurubisa.com - Untuk pelamar PPG Dalam Jabatan tahun 2022, yang telah dinyatakan lolos seleksi akademik, Kemdikbud telah membuat surat edaran agar melakukan konfirmasi kesediaan.


Hal tersebut diperuntukkan untuk pelamar PPG Daljab 2022 bisa mengikuti tahapan selanjutnya hingga menjadi mahasiswa PPG.


Akan tetapi, adakalanya peserta yang sudah dinyatakan lolos PPG Daljab, tidak mendapatkan konfirmasi kesediaan di SIMPKB.


Oleh sebab itu, perlu untuk diketahui peserta PPG Daljab, apa saja penyebab konfirmasi kesediaan PPG 2022 tidak ada di SIMPKB, diantaranya yakni:


1. Status Kepesertaan


Hal pertama yang menjadi penyebab yaitu peserta tersebut tidak termasuk peserta PPG angkatan 1.


Seperti diketahui bahwa yang dihimbau oleh Kemdikbud untuk melakukan konfirmasi kesediaan adalah peserta angkatan 1.


Selain itu, untuk jenis PPG dibagi menjadi dua kategori yakni PPG Daljab TMT sampai dengan Desember 2015, dan Daljab TMT mulai 2016.


Untuk pelamar yang masuk PPG Daljab TMT s.d Desember 2015, akan menjalani pelaksanaan selama tiga bulan, dan kuotanya sebesar 40.000 yang terbagi menjadi dua angkatan.


Dalam hal ini, jika Anda memantau untuk melakukan konfirmasi kesediaan, yang dilakukan mulai tanggal 6 hingga 10 Juli 2022.


Kalau dalam jangka waktu tersebut tidak ada konfirmasi kesediaan, berarti Anda tidak termasuk ke dalam peserta PPG angkatan 1 dan dapat dikatakan kalau Anda masuk ke peserta PPG Dalam Jabatan 2022 yang angkatan 2.


2. Pengaturan Sistem


Penyebab yang sering terjadi pada peserta PPG Daljab 2022, yaitu sistem sedang sibuk. Seperti diketahui untuk portal PPG.Kemdikbud sampai dengan tanggal 6 Juli, masih sulit untuk diakses.


Sebab sistem yang sedang sibuk, banyak peserta yang mengakses portal yang sama membuat sistemnya menjadi sulit untuk diakses.


Oleh sebab itu, peserta perlu mengalihkan login ke SIMPKB atau menunggu saat sistem sedang tidak sibuk.


3. Pengkategorian Peserta


Perlu diketahui seperti di atas bahwa terdapat dua kategori mahasiswa PPG Daljab 2022. Untuk peserta yang masuk ke dalam kategori 1 peserta PPG adalah peserta dengan TMT s.d Desember 2015.


Oleh sebab itu perlu untuk para peserta mengecek, Anda masuk ke dalam kategori yang mana. Sehingga dapat diketahui jika di SIMPKB Anda tidak muncul kesediaan konfirmasi pada tanggal 6 hingga 10 Juli, itu artinya Anda masuk ke dalam kategori 2.


4. Tidak lulus seleksi akademik PPG 2022


Penyebab terakhir tidak muncul kesediaan konfirmasi untuk peserta PPG Dalam Jabatan 2022 yang terakhir adalah karena peserta tersebut tidak lulus dalam seleksi akademik.


Hal tersebut dapat diketahui di akun SIMPKB masing-masing peserta, dan akan muncul pernyataan lulus atau tidaknya Anda setelah menjalani seleksi akademik.***


Sumber : pikiran-rakyat.com


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.