Ganjar Sebut Guru Honorer Banyak yang BAGUS, Jangan Asal DIHAPUS Tegasnya
CopyAMP code

Ganjar Sebut Guru Honorer Banyak yang BAGUS, Jangan Asal DIHAPUS Tegasnya

Minggu, 31 Juli 2022


Gurubisa.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan keadaan guru honorer masih dibutuhkan dalam dunia kependidikan. Pertimbangan matang harus dirumuskan sebelum rencana penghapusan dilakukan. 


Menurutnya, permasalahan yang dihadapi guru honorer sangat banyak. Terutama terkait dengan kesejahteraan yang sangat vital menjadi fokus perhatian hingga sekarang ini. 


"Banyak sekali (guru) swasta yang bagus tetapi pendapatannya belum bagus," kata Ganjar seusai pembukaan Kongres III Persatuan Guru Seluruh Indonesia (PGSI) di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Sabtu (30/7). 


Terlebih, terkait yayasan dari lembaga pendidikan yang menaungi guru honorer mengajar harus memberikan perhatian secara serius. 


"Mereka punya problem yang cukup serius dalam arti bagaimana (guru) swasta bisa berkontribusi untuk pengembangan dunia pendidikan," ujarnya. 


Dia berpandangan, untuk memberi kesejahteraan bagi guru honorer, peran yayasan yang menaungi sekolah swasta terlebih dulu dapat memperbaiki dapur manajerial. 


"Ini menurut saya menjadi penting dan itu bisa disubsidi silang sebenarnya," tuturnya. 


Dirinya menekankan, sekolah swasta harus menyiapkan jalan alternatif dalam menghadapi tantangan zaman yang terus berubah.


"Kelak kemudian itu tentu akan bisa bermanfaat bagi peserta didik. Mereka lulus kemudian lanjut ke perguruan tinggi, lulus kemudian mereka bekerja," ujarnya. 


Lebih lanjut, kurikulum, metode, maupun sumber daya dapat dikelola sesuai perkembangan zaman berdasarkan pada kemanusiaan, dan persatuan. 


"Itu musti disiapkan dengan baik. Saya senang dari PGSI membawa semangat kemanusiaan, persatuan Indonesia, semangat kebangsaan dan itu nilai-nilai yang perlu ditanamkan kepada anak sejak dini," katanya. (mcr5/jpnn)


Sumber : jpnn.com


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.