MEKANISME BARU, Ini Cara Daftar PPPK Guru 2022 bagi yang Belum dan Sudah Memiliki Akun SSCASN, Simak Baik-baik, Jangan Sampai SALAH!
CopyAMP code

MEKANISME BARU, Ini Cara Daftar PPPK Guru 2022 bagi yang Belum dan Sudah Memiliki Akun SSCASN, Simak Baik-baik, Jangan Sampai SALAH!

Senin, 16 Mei 2022


Gurubisa.com - Cara daftar PPPK Guru 2022, baik yang belum memiliki akun pendaftaran maupun yang sudah memiliki akun memiliki mekanisme yang berbeda.


Terdapat dua kategori pendaftar PPPK Guru 2022, yang pertama peserta yang sudah memiliki akun pendaftaran dan peserta yang belum memiliki akun pendaftaran.


Dikutip BeritaSoloRaya.com dari kanal YouTube Calon Guru (Kanjeng Mariyadi Ngawi), peserta dapat dikatakan sudah memiliki akun apabila memenuhi salah satu di antara tiga poin.


Pertama, sudah memiliki akun SSCASN namun belum mendaftar PPPK Guru 2022. Kedua, sudah memiliki akun SSCASN dan mendaftar PPPK namun belum menyelesaikan resume. Ketiga, sudah memiliki akun dan mendaftar PPPK serta menyelesaikan resume namun tidak lulus seleksi.


Peserta dapat dikatakan belum memiliki akun apabila memenuhi salah satu di antara dua poin. Pertama, tidak membuat akun SSCASN karena berbagai alasan atau terlambat daftar, dan yang kedua merupakan peserta pendaftar baru.


Berikut cara daftar PPPK Guru 2022 untuk peserta yang memiliki akun maupun belum memiliki akun SSCASN.


1. Masuk ke laman SSCASN BKn atau sscasn.bkn.go.id.


2. Pilih opsi buat akun dan isikan biodata secara lengkap.


3. Setelah itu, masukkan file KTP dan foto diri disesuaikan dengan besar file, kemudian upload KTP dan foto tersebut.


4. Selanjutnya, peserta dapat mengisi password dan pertanyaan-pertanyaan pengamat serta jawabannya. Kemudian isi captcha dan ketuk lanjutkan.


5. Cek kembali data yang telah peserta isi agar tidak terjadi kesalahan dalam penulisan data, setelah itu pilih opsi proses pendaftaran akun.


6. Kemudian, pilih opsi cetak informasi pendaftaran akun dan nantinya akan terdapat informasi mengenai pendaftaran akun peserta.


7. Setelah itu, peserta sudah dapat masuk ke akun SSCASN dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan. Untuk yang sudah memiliki akun, peserta akan diminta untuk mengubah password pada tautan yang telah disediakan.


8. Setelah login, peserta diminta untuk mengisi data, mengisi jenis seleksi, mengisi pendaftaran formasi, mengunggah dokumen, dan mengisi resume pendaftaran. 


9. Terakhir, setelah mengecek data sudah benar, peserta dapat memilih opsi akhiri pendaftaran.***


Sumber : pikiran-rakyat.com


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.