INFO TERBARU, PPPK Guru Tahap 3 Tahun 2022 Digelar, Siapa Saja yang Punya Peluang LULUS Lebih Besar, Cek Kebijakan Kemdikbud
CopyAMP code

INFO TERBARU, PPPK Guru Tahap 3 Tahun 2022 Digelar, Siapa Saja yang Punya Peluang LULUS Lebih Besar, Cek Kebijakan Kemdikbud

Sabtu, 21 Mei 2022


Gurubisa.com - Kemdikbud telah menyiapkan proses seleksi PPPK guru tahap 3 di tahun 2022.


Diketahui pembukaan pendaftaran untuk PPPK guru tahap 3 tahun 2022, akan dilakukan pada bulan Juli.


Di mana hal tersebut akan menjadi momentum bagi guru yang ingin mendaftar PPPK guru tahap 3 tahun 2022 untuk mempersiapkan diri dari sekarang.


Seperti diketahui bahwa pada PPPK guru tahap 3 tahun 2022 ini, akan ada banyak guru yang akan lebih diprioritaskan oleh Kemdikbud untuk dapat lulus pada seleksi PPPK guru tahap 3.


Hal tersebut dapat dikatakan, bahwa ada kriteria guru yang akan mendapatkan peluang lulus lebih besar dari pelamar lainnya.


Lalu, siapa saja yang memiliki peluang lebih besar untuk lulus pada PPPK guru tahap 3 tahun 2022.


Berdasarkan data yang dipaparkan oleh PanRB melalui Rapat Panja Komisi X DPR RI, dari hasil rekapitulasi yang ada pada seleksi PPPK guru tahun 2021, totalnya yaitu 925.637 pelamar.


Di mana hanya 32% saja, yang sudah lulus passing grade dan sudah mendapatkan formasinya, dengan total 293.860 guru lulus dan dapat formasi.


Lebih lanjut masih terdapat 21%, atau 193.954 guru yang telah lulus passing grade, tetapi belum mendapatkan formasi.


Hal itu disebabkan, guru tersebut kalah dalam perankingan, ketika guru mengikuti seleksi PPPK guru tahap 2.


Lalu, apakah peserta yang sudah lulus passing grade termasuk ke dalam kategori yang mendapatkan P1, P2, P3.


Seperti diketahui guru yang sudah pernah lulus passing grade yang masuk ke dalam jumlah guru yang telah lulus passing grade, termasuk dalam P1, P2, dan P3.


Baik dari guru yang berasal dari guru honorer THK-II, guru Non ASN dari sekolah negeri, guru sekolah swasta, dan guru dari lulusan PPG.


Sehingga dari perankingan PPPK  guru yang pernah guru ikuti di tahun 2021, terdapat empat orang pelamar yang mendapatkan nilai tertinggi, maka empat orang itulah yang akan mendapatkan P1, P2, maupun P3.


Dari status P1, P2, dan P3 juga peluang untuk guru tersebut lulus dalam PPPK guru tahap 3 tahun 2022 juga akan semakin besar.


Di sisi lain pada PPPK guru tahap 3 tahun 2022 ini, Kemdikbud akan memperbesar kouta formasi untuk mencegah terjadinya pergeseran antar guru di sekolah induk yang lebih banyak lagi.


Dari hal tersebut dapat diketahui bahwa guru yang telah lulus passing grade di tahun 2021, akan lebih diprioritaskan untuk mendapatkan formasi di tahun 2022.


Sumber : pikiran-rakyat.com


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.