TIDAK Semua Diangkat, Hanya Inilah Honorer yang Berpeluang Besar Diangkat Jadi PNS Tahun Depan Sesuai Ketetapan Resmi Pemerintah
CopyAMP code

TIDAK Semua Diangkat, Hanya Inilah Honorer yang Berpeluang Besar Diangkat Jadi PNS Tahun Depan Sesuai Ketetapan Resmi Pemerintah

Selasa, 26 April 2022


Gurubisa.com - Tidak lama lagi, sekitar satu tahun dari sekarang, tenaga honorer akan dihapuskan dari birokrasi pemerintah. Ini akan berlaku untuk pemerintah pusat maupun daerah.


Deputi Bidang Sumber Daya Manusia AparaturKemenpan-RB AlexDenni mengakui tenaga honorer yang ada hingga saat ini masih menjadi 'PR' pemerintah. Sebab, dari data Kemenpan-RB hingga saat ini total tenaga honorer yang disebut THK-II berjumlah puluhan ribu.


Terbaru, data THK-II ada sebanyak 51.492 orang yang tengah mengikuti seleksi CPNS dan PPPK pada tahun 2021 lalu. Dimana proses masih berlangsung sehingga belum diketahui berapa yang lulus.


Namun, pemerintah akan mencari cara untuk bisa menyelesaikan persoalan tenaga honorer ini terutama bagi mereka yang sudah bekerja lama di suatu institusi.


"Jadi kita juga punya PR bagaimana menyelesaikan ini dengan baik, karena realitas di lapangan kawan-kawan ini sudah bekerja bertahun-tahun dan tentu perlu juga kita berikan kesempatan untuk diprioritaskan terlebih dahulu," kata Alex beberapa waktu lalu.


Syarat pengangkatan honorer menjadi PNS tentu harus bisa dipenuhi. Antara lain mengikuti tes CPNS hingga memiliki kemampuan yang dibutuhkan oleh pemerintah. Alex tidak ingin honorer yang direkrut cuma sebatas pekerja administrasi saja.


Dari proses pengangkatan tenaga honorer sejak tahun 2012 lalu hingga saat ini sudah ada sekitar 1 juta orang yang diangkat sebagai PNS. Tentunya mereka adalah yang lolos seleksi dari ratusan ribu tenaga honorer yang ada di instansi pemerintah.


"Jadi sudah diangkat lebih dari 1 juta tenaga honorer," ujarnya.


Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.