PENGUMUMAN untuk Seluruh Peserta Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022, PERHATIKAN Hal Penting yang Harus Dilakukan Sebelum hingga Setelah Ujian
CopyAMP code

PENGUMUMAN untuk Seluruh Peserta Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022, PERHATIKAN Hal Penting yang Harus Dilakukan Sebelum hingga Setelah Ujian

Kamis, 07 April 2022


Gurubisa.com - Tanggal 9 April 2022 tinggal dua hari lagi. Itu berarti sisa dua hari menuju pelaksanaan seleksi akademik PPG Dalam Jabatan 2022.


Telah dijadwalkan bahwa seleksi PPG Dalam jabatan 2022 dilaksanakan pada 9-24 April 2022 dan dibagi menjadi lima periode pelaksanaan.


Tentunya, ada ketentuan-ketentuan yang harus dilakukan peserta sebelum, saat, dan setelah seleksi akademik ini dilaksanakan.


Untuk mengetahui hal tersebut, simak uraian bagi peserta seleksi akademik PPG Dalam Jabatan 2022 daring berbasis domisili berikut ini.


1. Sebelum Ujian 


Peserta tentu wajib mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum mengikuti ujian. Secara teknis, peralatan digital seperti laptop dan handphone pun wajib disiapkan oleh peserta.


Pastikan telah mengunduh dan memasang aplikasi SEB di laptop dan Zoom di telepon genggam Anda. Aplikasi SEB digunakan untuk mengerjakan tugas, sementara itu peserta akan diawasi di ruang virtual Zoom.


Nama Zoom harus sesuai dengan nama lengkap yang terdaftar sebagai peserta seleksi akademik PPG Dalam Jabatan 2022 ini. Selama ujian berlangsung, kamera Zoom harus aktif dan memperlihatkan peserta dengan jelas.


Letakkan kamera maksimal 2 meter dari tempat duduk peserta ujian. Pastikan tidak ada orang lain dalam ruangan. Selain itu, persiapkan ruangan yang nyaman dan tenang dengan pencahayaan yang cukup untuk ujian.


Di meja ujian hanya diperbolehkan laptop, charger, botol atau gelas transparan untuk air minum, kerta kosong, satu alat tulis, dan obat-obatan bagi peserta yang membutuhkan (sakit).


2. Saat Pelaksanaan Ujian


a. Peserta mengikuti dan menaati instruksi atau arahan dari pengawas dalam proses verifikasi dan selama pelaksanaan ujian. Proses verifikasi data, ruang, dan kepengawasan dilakukan melalui aplikasi zoom.


b. Peserta harus menyetujui pakta integritas yang disajikan untuk memulai ujian.


c. Peserta mengerjakan ujian secara mandiri dan tidak dibantu oleh orang atau alat bantu lain.


d. Selama mengerjakan ujian, peserta harus menghadap ke layar monitor dengan menampakkan 100% wajah pada laptop.


e. Selama waktu pelaksanaan ujian, peserta harus selalu berada di tempat duduk yang terpantau oleh kamera zoom pada HP dan tidak diperkenankan meninggalkan tempat duduk selama ujian berlangsung.


f. Peserta wajib mengikuti tata tertib yang ditetapkan oleh panitia selama proses ujian berlangsung.


3. Setelah Ujian


Kertas yang digunakan selama ujian harus ditunjukkan kepada pengawas. Segala bentuk coretan dalam kertas kosong yang sebelum disiapkan harus diperlihatkan kepada pengawas ujian.


Setelahnya, peserta harus merobek kertas tersebut di hadapan pengawas sebelum dibuang. Barulah setelah itu, peserta dipersilakan mengakhiri ujian sesuai arahan dari pengawas.


Demikian gambaran seleksi akademik PPG Dalam Jabatan 2022 bagi peserta di hari pelaksanaan ujian. ***


Sumber : pikiran-rakyat.com