KEPUTUSAN RESMI, Seleksi PPPK Guru Tahap 3 DISATUKAN dengan Seleksi PPPK Tahun 2022, Nunuk : Tolong Jangan Menghujat Kemendikbud

KEPUTUSAN RESMI, Seleksi PPPK Guru Tahap 3 DISATUKAN dengan Seleksi PPPK Tahun 2022, Nunuk : Tolong Jangan Menghujat Kemendikbud

Senin, 28 Februari 2022


Gurubisa.com - Seleksi Kompetensi (Selkom) tahap 3 Tahun 2021 disatukan dengan Seleksi PPPK Tahun 2022, Nunuk Suryani: tolong jangan menghujat.


Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) mulai menyampaikan rencana Seleksi PPPK Guru Tahun 2022, di tengah berprosesnya Selkom tahap 3 tahun 2021.


Kabar terbaru, pemerintah bakal menyatukan pelaksanaan Selkom tahap 3 PPPK Guru Tahun 2021 dengan Seleksi PPPK Tahun 2022.


Hal itu terlihat dari pernyataan Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Guru Tenaga Kependidikan (GTK) Kemdikbudristek Nunuk Suryani, terkait skema penyelesaian urusan guru honorer.


Nunuk Suryani dalam sebuah unggahannya di akun Instagram pribadi @nunuksuryani, menuliskan tentang rapat yang diikutinya dengan KemenpanRB dan Kemenkeu pada 8 Februari 2022.


“Kami berdiskusi tentang berbagai skema untuk menyelesaikan permasalahan guru honorer yang harus segera kita selesaikan,” tulis Nunuk Suryani dikutip PortalSulut.Pikiran-Rakyat.com dari unggahannya di akun IG @nunuksuryani.


Ia meyakinkan sekaligus meminta para guru honorer yang masih berjuang menjadi PPPK, untuk bisa lebih bersabar.


“Yakinlah, kami sedang merumuskan kebijakan yang sangat berpihak pada guru-guru honorer. Bantu kami dengan dukungan doa. Jangan menghujat dan mengeluh ya,” tulis Nunuk Suryani lagi.


Kabar lain yang beredar di media sosial (medsos) menyebutkan bahwa Selkom PPPK Guru tahap 3 bakal digabungkan dengan Seleksi PPPK Tahun 2022.


Seperti diunggah akun Instagram @p3kguru yang mengutip pernyataan Nunuk Suryani, terkait dengan ujian PPPK Selkom 3, sepertinya akan dilaksanakan dalam rangkaian Seleksi PPPK Guru Tahun 2022.


Bagi siapapun yang sudah lolos Passing Grade (ambang batas) tahun 2021 tidak perlu khawatir, dan tentu tidak perlu menempuh ujian lagi, bagi guru honorer yang sudah mengabdi lebih dari 3 tahun, juga jangan khawatir.


“Kami sedang menyiapkan skema yang terbaik untuk para sahabat guru,” unggah akun @p3kguru masih mengutip pernyataan Sekretaris Ditjen GTK Kemdikbudristek di akun IG @nunuksuryani.


Seperti diketahui, bagi pelamar PPPK Guru yang tidak lulus ujian Selkom 2 dapat memilih kembali formasi di seluruh wilayah Indonesia.


Selkom tahap 3 PPPK Guru dapat diikuti oleh:


a. Guru non-ASN yang mengajar di Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh instansi daerah dan terdaftar sebagai guru di Dapodik yang tidak lulus Selkom 2;


b. Tenaga Honorer eks Kategori II sesuai database Tenaga Honorer Badan Kepegawaian Negara yang tidak lulus Selkom 2;


c. Guru swasta yang mengajar di Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat dan terdaftar sebagai guru di Dapodik yang tidak lulus Selkom 2; dan


d. Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang belum menjadi guru dan terdaftar di database lulusan Pendidikan Profesi Guru Kemdikbudristek yang tidak lulus Selkom 2.


Ujian Seleksi Kompetensi III


Pelamar melaksanakan ujian Selkom 3 sesuai formasi yang dipilih.


Nah, Minggu 20 Februari 2022 ini heboh di medsos jika pendaftaran PPPK Guru tahap 3 sudah dibuka.


Belum ada informasi resmi terkait pembukaan PPPK Guru tahap 3.


Di laman resmi gurupppk.kemdikbud.go.id juga belum ada informasi soal tahap 3.


Sebelumnya, Sekretaris Ditjen Guru, Tenaga (GTK) Kemdikbudristek Nunuk Suryani menyebutkan jika sampai saat ini belum ada informasi pendaftaran PPPK guru tahap 3.


“Terkait banyak pertanyaan tentang NI ujian 1 dan 2, silahkan ditanyakan di BKD masing-masing. Terkait ujian ke 3, belum ada info,” tulisnya dalam akun instagram awal bulan ini.***


Sumber : pikiran-rakyat.com


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.