BUAT Guru Sertifikasi, Ini JUKNIS Terbaru Pembayaran TPG Triwulan 1 dari Kemendikbudristek Jelang Pencairan

BUAT Guru Sertifikasi, Ini JUKNIS Terbaru Pembayaran TPG Triwulan 1 dari Kemendikbudristek Jelang Pencairan

Sabtu, 26 Februari 2022


Gurubisa.com - TPG adalah tunjangan profesi guru yang diperuntukkan untuk menunjang kualitas pembelajaran para guru.


Sebab dengan TPG guru dapat menggunakan tunjangan tersebut untuk meningkatkan pengetahuan dan dapat mensejahterakan pendidik.


Lebih lanjut, di tahun 2022 para guru akan tetap menerima TPG triwulan 1, tunjangan khusus atau tunjangan terpencil.


Hal itu dijelaskan dalam salah satu lampiran peraturan Kemendikbud Nomor 4 Tahun 2022 mengenai juknis pemberian TPG dan lain sebagainya.


Secara khusus menjelaskan mengenai tahapan penyaluran tunjangan profesi guru. Untuk tahapan penyaluran TPG perlu dipahami oleh para guru agar tidak ada kekeliruan terkait penerimaannya.


Dimana dalam pemberian TPG alur yang pertama yaitu di proses input dan atau pembaruan data guru ASN Daerah.


Hal tersebut dilakukan oleh guru dan operator melalui Dapodik, sehingga guru harus memastikan sudah memperbaruinya, termasuk kalau guru mengalami kenaikan gaji berkala, juga harus memastikan sudah diperbarui di Dapodik.


Tahapan yang kedua yaitu memvalidasi dan penetapan penerima tunjangan, dalam hal ini nantinya yang melakukan validasi adalah pihak Puslapdik yang berada di bawah naungan Kemendikbud.


Sehingga untuk guru ketika data-datanya sudah valid, akan diverifikasi oleh dinas, kemudian akan divalidasi oleh kementerian.


Nantinya juga akan tampil ke info GTK terkait status valid atau tidaknya data-data yang guru isikan.


Setelah guru valid info GTK-nya, langkah selanjutnya yaitu pembayaran tunjangan.


Dimana dari pihak terkait kepada guru yaitu dari pusat ke daerah. Setelah dari pusat mengirimkan tunjangan ke daerah, maka daerah akan mentransfer ke rekening guru.


Untuk pembayaran TPG dijelaskan dalam peraturan Kemendikbud Nomor 4 tahun 2022 terkait validasi dan penetapan penerima tunjangan.


Di halaman lain dijelaskan bahwa Puslatdik melakukan sinkronisasi data guru ASN Daerah antara Dapodik dengan aplikasi sistem informasi manajemen tunjangan (SIM-Tun) pada Kementerian sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan para Permen Kemendikbud Nomor 4 Tahun 2022.


Dimana untuk sinkronisasi data untuk triwulan 1 akan dilakukan pada tanggal 28 hingga 29 Februari. Kemudian pembayaran triwulan 1 sudah dilakukan di bulan Maret. Sehingga Puslapdik akan melakukan pembayaran ke daerah.***