Soal Honorer Swasta di Seleksi PPPK 2021, Ini Pernyataan Tegas Mendikbudristek Nadiem, Guru Wajib Tahu!
CopyAMP code

Soal Honorer Swasta di Seleksi PPPK 2021, Ini Pernyataan Tegas Mendikbudristek Nadiem, Guru Wajib Tahu!

Rabu, 19 Januari 2022



Gurubisa.com - Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim membantah menggiring guru swasta ke sekolah negeri.  


Dia menyatakan tidak ada upaya pemerintah memaksakan guru swasta pindah ke sekolah negeri. 


"Saya luruskan ya, tidak ada pemaksaan guru swasta pindah sekolah negeri. Itu konsekuensi ketika mereka mendaftar pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK)," kata Mas Nadiem, sapaan akrab Mendikbudristek Nadiem, dalam rapat kerja Komisi X DPR RI, Rabu (19/1). 


Dia membeberkan, pemerintah membuka rekrutmen PPPK guru 2021 untuk menyasar guru-guru honorer negeri, swasta, lulusan pendidikan profesi guru (PPG), dan individu yang belum pernah mengajar, tetapi punya kualifikasi. 


Ketika guru swasta melamar PPPK 2021, lanjutnya, masing-masing sudah tahu ketentuannya, yaitu harus pindah ke sekolah negeri. 


"Mereka ketika mendaftar PPPK, diwajibkan memilih sekolah. Itu semua sekolah negeri," ucap Mas Nadiem. 


Dia membantah bahwa guru swasta terpaksa pindah sekolah negeri.  


Sebab, guru-guru swasta ini dengan kesadarannya sendiri memilih sekolah negeri. 


Ketika mereka ikut tes PPPK guru tahap 2 dan dinyatakan lulus, kata Nadiem, harus menempati sekolah pilihannya itu. 


"Kalau ada informasi bahwa pemerintah memaksa guru swasta akan kami mitigasi. Yang saya tahu, pemilihan formasi itu sudah diketahui masing-masing pelamar termasuk guru swasta," pungkasnya. 


Sebelumnya, saat kunjungan kerja ke Kota Bandung, Nadiem Makarim menyatakan guru swasta ikut seleksi PPPK 2021 karena gajinya masih di bawah UMR. 


Itu sebabnya pemerintah tidak akan menutup peluang guru swasta ikut seleksi PPPK, apa lagi UU ASN dan PermenPAN-RB Nomor 28 Tahun 2021 memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi seluruh WNI yang memenuhi persyaratan. (esy/jpnn)


Sumber : https://m.jpnn.com/


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat