Melihat Kemampuan Para Guru Indonesia, Dirjen GTK Iwan Syahri TERKEJUT dan Sampaikan Ini
CopyAMP code

Melihat Kemampuan Para Guru Indonesia, Dirjen GTK Iwan Syahri TERKEJUT dan Sampaikan Ini

Selasa, 07 Desember 2021


Gurubisa.com - Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendibudristek Iwan Syahril terkejut melihat kemampuan para guru dalam menguasai pembelajaran digital.


Hal itu terlihat dari 106 juta kali laman Guru Berbagi diakses dan sudah hampir 200 ribu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), artikel, dan video, diunduh hampir 30 juta kali. 


Menurut Iwan, hal itu menunjukkan sebuah keniscayaan bahwa guru Indonesia terus berdaya di masa pandemi, bahkan dari daerah 3T aktif di Guru Berbagi.


“Ternyata guru-guru Indonesia sangat melebihi ekspektasi. Saya kagum sekali," ujar Dirjen Iwan Syahril, Minggu (5/12).


Upaya guru untuk terus berkarya dan berbagi hingga kini, menurut Dirjen Iwan membantu untuk menguatkan semangat, inspirasi, ide-ide, dan inovasi antarsesama guru dari berbagai daerah di Indonesia. 


Dia menyebutkan semangat guru Indonesia bisa lihat dari gotong royong. Itu luar biasa menunjukkan sebuah resiliensi guru-guru Indonesia untuk belajar berbagi dan sangat tangguh dalam menghadapi kondisi pandemi.


Iwan juga terharu melihat semangat para guru yang masuk dalam program Guru Penggerak. Mereka dengan inisiatifnya sendiri bersemangat mengubah pola pembelajaran agar makin efektif, efisien dan relevan dengan kebutuhan peserta didik


“Padahal itu tidak dinilai di program Guru Penggerak, tetapi mereka melakukan itu dengan sukarela,” ungkapnya takjub. 


Dengan perubahan pola pikir para guru maka akan terbuka peluang untuk pembelajaran yang lebih berkualitas berorientasi kepada murid. Harapannya proses ini akan terus berlangsung dan menguat diberbagai wilayah. “Karena ini bukan bicara soal individu, melainkan sebuah gerakan yang melibatkan seluruh ekosistem pendidikan,” pungkas Iwan Syahril. (esy/jpnn)


Sumber : jpnn.com


Demikian berita Guru yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.