HASIL Seleksi PPPK Guru Tahap II DIUMUMKAN Besok, Berikut Info Penting Bagi yang LULUS dan Tidak Lulus
CopyAMP code

HASIL Seleksi PPPK Guru Tahap II DIUMUMKAN Besok, Berikut Info Penting Bagi yang LULUS dan Tidak Lulus

Rabu, 15 Desember 2021


Gurubisa.com - Hasil Seleksi Kompetensi tahap II dalam rekrutmen PPPK Guru 2021 akan diumumkan besok, Kamis 16 Desember 2021. 


Peserta seleksi bisa mengecek hasil ujiannya sendiri melalui portal SSCASN. Peserta yang lolos memiliki peluang besar untuk diangkat menjadi PPPK dan diberikan Nomor Induk (NI) PPPK setelah melalui proses melengkapi berkas persyaratan. 


Sementara itu, peserta yang dinyatakan tidak lolos masih memiliki kesempatan satu kali lagi untuk mengikuti ujian pada Seleksi Kompetensi III. 


Waktu pelaksanaannya dapat dipantau melalui situs Guru PPPK Kemdikbud karena jadwal lanjutan rekrutmen PPPK 2021 kerap dilakukan revisi. 


Sementara itu, peserta yang gagal dan ingin melakukan komplain karena merasa ada kesalahan dalam penetapan hasil seleksi atas dirinya, diberikan hak mengajukan sanggahan pada agenda masa sanggah yang berlangsung mulai 17 Desember 2021. 


Pada Seleksi Kompetensi tahap II dan III, sekira 149.336 formasi guru PPPK diperebutkan. Dua seleksi terakhir ini setiap peserta memiliki kans sama untuk memenangkan kompetisi. 


Mengutip situs Kemdikbud, peserta yang lolos diambil dari mereka yang memiliki nilai tertinggi dalam ujian dan bukan atas afirmasi dari sekolah induk. 


Cara cek hasil Seleksi Kompetensi II PPPK Guru 2021 


Hasil Seleksi Kompetensi tahap II bisa dilihat melalui akun SSCASN peserta. Informasi tersedia pada tanggal pengumuman. Cara melakukan pengecekannya seperti berikut: 


- Buka laman https://sscasn.bkn.go.id lalu login dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan kata sandi pada kolom yang disediakan 


- Akun SSCASN milik peserta akan otomatis memuat pesan yang menunjukkan apakah pelamar lulus atau tidak pada Seleksi Kompetensi PPPK 2021 


Cara sanggah Hasil PPPK Guru 2021 Tahap 2 


Masa sanggah untuk Seleksi Kompetensi II telah disediakan waktu pengajuannya pada 17-19 Desember 2021. 


Bagi peserta yang tidak lolos dan merasa keberatan dengan hasil seleksi miliknya, dapat mengajukan sanggah agar panitia seleksi (pansel) melakukan verifikasi ulang. 


Kendati demikian, kegiatan mengajukan sanggah adalah pilihan dan bukan kewajiban bagi peserta yang tidak lolos. 


Ajuan sanggah akan diterima oleh pansel instansi yang kemudian dilakukan verifikasi ulang. instansi akan memrosesnya paling lama 7 hari kalender setelah berakhirnya waktu pengajuan sanggah. Hasil pasca sanggah akan diumumkan lewat portal SSCASN dan situs Guru PPPK Kemdikbud. 


Terkait cara mengajukan sanggah, prosesnya dilakukan lewat portal SSCASN. Langkah-langkahnya seperti berikut: 


1. Buka laman SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id dan lakukan login ke akun 


2. Pelamar mengajukan sanggah lalu mengisi alasan sanggah dengan menjabarkan kronologisnya 


3. Lengkapi bukti ajuan sanggah dengan dokumen pendukung alasan. 


4. Instansi akan memproses pengajuan sanggah pelamar dan mengumumkan ulang hasil sanggah paling lama 7 hari kalender setelah berakhirnya waktu pengajuan sanggah. 


5. Pelamar memantau pengumuman hasil sanggah seleksi PPPK Guru 2021 di laman SSCASN dan gurupppk.kemdikbud.go.id 


Tidak ada persyaratan khusus untuk mengajukan sanggah. Sementara untuk syarat dokumennya, peserta dapat menyertakan dokumen yang bisa mendukung alasan sanggah. 


Contohnya adalah sertifikat CAT atau hasil seleksi kompetensi yang bisa diunduh lewat situs Guru PPPK https://gurupppk.kemdikbud.go.id. 


Hasil pasca sanggah bisa berupa sanggah diterima atau ditolak tergantung pembuktian yang dilakukan pansel. 


Bila terbukti terdapat kesalahan dalam hasil seleksi yang penyebabnya bukan dari peserta, maka dimungkinkan dilakukan revisi hasil seleksi dengan berkoordinasi bersama pansel nasional. Jika sanggah ditolak, maka hasilnya telah final bahwa peserta tersebut tidak lolos. 


Jadwal lanjutan rekrutmen PPPK Guru 2021 


Berikut jadwal lanjutan rekrutmen PPPK Guru 2021 berkaitan dengan pelaksanaan Seleksi Kompetensi II berdasarkan pengumuman dari Direktorat Jenderal Guru dan Tendik No. 6510/B/GT.01.00/2021: 


- Pelaksanaan Seleksi Kompetensi II: 7-10 Desember 2021 


- Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi II: 16 Desember 2021 


- Masa Sanggah II (Masa Pengajuan Sanggah): 17-19 Desember 2021 


- Jawaban Sanggah II (Tanggapan Sanggah): 19-25 Desember 2021 


- Pengumuman Pasca Masa Sanggah II: 30 Desember 2021.


Sumber : https://tirto.id/


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.