Tak Lolos PPPK Guru Tahap I, Nadiem Upayakan Optimalisasi Pengisian Formasi Kosong, Peluang Guru Honorer GAGAL Diangkat jadi ASN PPPK
CopyAMP code

Tak Lolos PPPK Guru Tahap I, Nadiem Upayakan Optimalisasi Pengisian Formasi Kosong, Peluang Guru Honorer GAGAL Diangkat jadi ASN PPPK

Jumat, 08 Oktober 2021


Gurubisa.com - Hasil seleksi kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru 2021 telah diumumkan Jumat (8/10/2021) pukul 12.00 WIB. 


Peserta yang dinyatakan lolos, akan langsung diangkat menjadi PPPK Guru. 


Lantas, bagaimana nasib peserta yang tak lolos? 


Seperti diketahui, seleksi PPPK Guru tahun ini terdiri dari tiga tahap. 


Seleksi pertama khusus untuk guru honorer sekolah negeri dan tenaga honorer K-II. 


Jika mereka tidak lulus di seleksi pertama, mereka bisa mengikuti seleksi kedua, serta akan bergabung dengan dua jenis guru honorer, yaitu guru honorer di sekolah swasta dan lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG). 


Pada seleksi kedua, guru honorer K-II dan guru honorer sekolah swasta hanya dapat melamar sesuai dengan domisilinya. 


Selanjutnya, peserta seleksi pertama dan kedua yang belum dinyatakan lulus, diperbolehkan mengikuti seleksi ketiga di mana seluruh jenis guru honorer dapat melamar pada formasi lintas daerah yang belum terisi. 


"Kita akan terus mencoba mengisi kekosongan. Jadi pada seleksi ketiga, guru-guru benar-benar bebas untuk memilih lintas daerah," kata Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim, dikutip dari pemberitaan Kompas.com (24/9/2021). 


"Setelah ujian ketiga kita akan melakukan optimalisasi pengisian formasi kosong. Jadi ini ada banyak tahapnya. Ini baru seleksi tahap 1, belum sampai tahap 3, dan tahun depannya akan ada proses lagi," kata Nadiem. 


Rekrutmen PPPK Guru 2021 


Tahun ini, rekrutmen PPPK guru mencatatkan rekor jumlah formasi terbanyak sepanjang sejarah, yaitu 506.247 usulan formasi. 


Dari 506.247 formasi, hanya 326.476 formasi yang ada pelamarnya, dengan total pendaftar yang teregistrasi ada 925.637 orang. 


Artinya, ada 179.771 formasi kosong atau tidak ada pelamarnya. 


Untuk seleksi PPPK Guru tahap pertama, Nadiem menyebut ada 173.320 guru dinyatakan lolos. "


(Sebanyak) 173.329 guru honorer akan diangkat menjadi PPPK (tahun ini)," ujar Nadiem seperti dikutip dari kanal YouTube Kemendikbud RI, Jumat (8/10/2021). 


Pengecekan hasil seleksi kompetensi PPPK Guru bisa dilakukan melalui laman https://gurupppk.kemdikbud.go.id/hasil_tahap_1. 


Untuk mengecek status kelulusan, masukkan NIK dan nomor peserta. Anda juga akan diminta untuk memasukkan hasil penjumlahan angka yang muncul di layar. 


Selanjutnya, klik "cari". Hasil kelulusan seleksi kompetensi PPPK Guru akan muncul.


Sumber : https://www.kompas.com


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.