Banyak Guru Honorer Lolos Passing Grade tapi Tapi Tak LULUS PPPK, Solusinya Angkat Langsung Tanpa di TES Lagi
CopyAMP code

Banyak Guru Honorer Lolos Passing Grade tapi Tapi Tak LULUS PPPK, Solusinya Angkat Langsung Tanpa di TES Lagi

Senin, 11 Oktober 2021


Gurubisa.com - Banyak guru honorer yang lulus passing grade PPPK 2021 gagal di seleksi kompetensi tahap I. 


Menurut Ketua Forum Guru Honorer Bersertifikasi Sekolah Negeri (FGHBSN) Nasional Rizki Safari Rakhmat, mereka dinyatakan tidak lulus karena kalah bersaing dengan guru honorer yang nilainya lebih tinggi. 


Ada juga yang nilainya tinggi tetapi karena statusnya bukan guru di sekolah induk akhirnya dinyatakan tidak lulus PPPK 2021. 


Rizki mengungkapkan kondisi tersebut terjadi karena saat pendaftaran pelamar yang tidak punya formasi di sekolah induk terpaksa memilih formasi di luar sekolah induk. Ternyata di sekolah yang tersedia formasi tersebut ada guru honorernya. 


"Mereka sudah reset pendaftaran tetapi mengapa bisa tes PPPK guru tahap I jika ada honorer di tempat sekolah luar induknya. Sehingga walaupun nilainya memenuhi kelulusan tetapi tidak bisa menggantikan posisi honorer di induk," beber Rizki kepada JPNN.com, Senin (11/10). 


Memang, kata Rizki, aturannya demikian tetapi secara sistem mereka sudah benar memilih formasi. Seharusnya formasi yang dipilih di sistem itu memang betul-betul formasi yang bisa diisi. 


Faktanya formasinya terbatas sehingga banyak yang lulus passing grade tidak kebagian formasi dan dinyatakan tidak lulus PPPK. Dia meminta pemerintah memberikan solusi pascaseleksi berupa penambahan formasi baru tahun depan.


"Kalau formasinya sudah ada sebaiknya para guru honorer yang lulus passing grade ini ditempatkan saja karena nilainya sudah aman," terangnya. 


Rizki berharap guru honorer lulus passing grade yang tidak mendapatkan formasi tahun ini, langsung mengisi formasi PPPK 2022 tanpa dites lagi. Sisanya baru untuk seleksi peserta baru. (esy/jpnn)


Sumber : https://www.jpnn.com/


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.