TERBARU! Mendikbud Ristek Umumkan 100 Ribu Guru Honorer Lulus PPPK Tahap I, Cek Nama Kamu
CopyAMP code

TERBARU! Mendikbud Ristek Umumkan 100 Ribu Guru Honorer Lulus PPPK Tahap I, Cek Nama Kamu

Sabtu, 25 September 2021


Gurubisa.com - Kabar terbaru disampaikan Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim, pada Rapat Kerja Komisi X DPR Kamis, 23 September 2021.


Nadiem umumkan bahwa 100 ribu guru honorer lulus seleksi PPPK Tahap I. Nama-nama peserta yang lulus tinggal akan diumumkan.


Pengumuman secara resmi di link resmi gurupppk.kemdikbud.go.id, Jumat 24 September 2021 esok. Jangan lupa cek nama kamu apakah lulus atau tidak.


Dalam Rapat Kerja Komisi X DPR tersebut, Nadiem Makarim umumkan bahwa sekitar 100 ribu peserta atau guru honorer telah lulus PPPK Tahap I.


Nadiem bahkan sudah memberikan ucapan selamat kepada 100 ribu guru yang lulus.


Meski saat ini masih dalam tahap pengolahan data hasil ujian, kata Nadiem, namun ia memastikan 29 persen dari 328.476 formasi sudah terisi.


“Sekitar 94 ribu guru honorer sudah lulus. Selamat. Tepuk tangan dulu untuk guru honorer yang sudah lulus. Angka ini akan berkembang, 100 ribu orang se-Indonesia segera diangkat menjadi PPPK,” ujar Nadiem.


Meski sudah membocorkan jumlah peserta PPPK Guru tahap I yang lulus, Nadiem belum memastikan apakah pengumuman akan tepat sesuai jadwal yakni esok hari.


“Panselnas masih berembuk. Kemendikbudristek juga selalu mendengar aspirasi masyarakat yang berkemmbang,” katanya.


Sebagaai inormasi, dari jumlah 925.632 pelamar PPPK Guru, yang dinyatakan berhak mengikuti tes Seleksi Kompetensi  tahap I pada 13- 17 September 2021 lalu sebanyak 629.496 pelamar.


Tes Seleksi Kompetensi tahap I digelar di 1.124 lokasi tersebar di 500 Kabupaten/Kota se-Indonesia.


Penentuan peserta lulus PPPK Guru, akan dilakukan perengkingan. Meski capai passing grade juga belum dipastikan lulus PPPK Guru.


Sebelumnya, Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana, selaku Ketua Panselnas CASN menyatakan, penetapan kelulusan tes PPPK guru 2021 berdasarkan formasi.


“Sama seperti CPNS, peserta hanya akan bersaing dengan sesama peserta yang mendaftar di formasi jabatan tersebut di satu instansi. Kelulusan akan ditentukan setelah ditambah dengan nilai afirmasi,” katanya.


Sementara itu, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen, mencontohkan jika sekolah A membutuhkan lima guru kelas. Namun ternyata yang mendaftar hanya dua guru honorer.


Kalau yang dua orang tersebut lulus passing grade setelah ditambah afirmasi, maka yang bersangkutan bisa lulus seleksi PPPK guru 2021.


Sebaliknya, jika sekolah B membutuhkan formasi empat guru kelas dan yang mendaftar 10 guru honorer dan berhasil lulus passing grade PPPK guru 2021 maka dibikin sistem ranking.


Jadi akan diambil empat guru honorer dengan nilai tertinggi


Sementara itu, peserta yang gagal atau tidak lulus tahap I masih bisa mengikuti Seleksi Kompetensi tahap II.***


Sumber : pikiran-rakyat.com


Demikian berita PPPK Guru 2021 yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.