BUAT Guru Honorer Peserta Tes Kompetensi PPPK Guru 2021 Tahap I, SIMAK Pesan Penting Dirjen GTK Berikut, Insya Allah LULUS!
CopyAMP code

BUAT Guru Honorer Peserta Tes Kompetensi PPPK Guru 2021 Tahap I, SIMAK Pesan Penting Dirjen GTK Berikut, Insya Allah LULUS!

Kamis, 09 September 2021


Gurubisa.com - Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian, Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Iwan Syahril memberikan beberapa tips untuk menghadapi ujian Seleksi Kompetensi PPPK Guru 2021 yang akan dimulai pekan depan, Senin (13/9/2021).


"Kami sangat ingin sekali para guru untuk terus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, sehingga pada waktu seleksi nantinya dapat menjalani dengan baik," ucap Iwan dalam Webinar Persiapan Seleksi Calon Guru ASN PPPK 2021 yang digelar secara daring, Kamis (9/9/2021).


Ujian Seleksi Kompetensi PPPK Guru tahap 1 akan dilaksanakan pada tanggal 13-17 September 2021 mendatang. Ujian akan digelar di 1.100 titik lokasi yang tersebar di 500 kabupaten/kota.


Peserta dapat mengecek lokasi ujian dengan mengakses akun SSCASN masing-masing pada laman https://sscasn.bkn.go.id/. Kartu ujian dapat dicetak mulai tanggal 9 hingga 12 September 2021.


Tips Hadapi Seleksi Kompetensi PPPK Guru 2021


Iwan memberikan 4 tips yang bisa dilakukan peserta dalam menghadapi ujian Seleksi Kompetensi I PPPK Guru 2021. Mulai dari persiapan teknis hingga psikologis.


1. Jaga Kesehatan, Pola makan, hingga Istirahat yang Cukup


Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menjaga kesehatan tubuh. Beberapa cara yang dapat dilakukan oleh para peserta Seleksi Kompetensi PPPK Guru adalah makan, minum, dan istirahat yang cukup.


"Istirahat penting ya bapak ibu, jadi pastikan istirahat yang cukup. Karena itu sangat berpengaruh juga dalam hal menjalani seleksi ujian nantinya," terang Iwan.


2. Cek Lokasi Ujian


Sebelum melakukan ujian, Iwan juga berpesan agar para peserta mengecek lokasi ujian terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan untuk memperkirakan waktu untuk sampai di lokasi ujian agar tidak terlambat.


Lokasi ujian dapat dicek melalui akun masing-masing mulai hari ini, Kamis (9/9/2021).


3. Mempelajari Berbagai Bahan Latihan

Tips selanjutnya yang tidak kalah penting adalah berlatih soal-soal terkait Uji Kompetensi PPPK Guru. Ada banyak berbagai sumber pembelajaran dan latihan yang tersedia di internet. Kemendikbudristek juga sudah memberikan fasilitas melalui program Guru Belajar dan Berbagi.


"Untuk mendukung para guru dalam mengikuti seleksi guru ASN PPPK 2021 ini, kami juga telah memberikan bahan-bahan belajar juga termasuk tryout-tryout dan fasilitasi belajar melalui komunitas, melalui program guru belajar dan berbagi terutama seri belajar mandiri calon Guru ASN PPPK," papar Iwan.


4. Berdoa


Hal lain yang turut berpengaruh dalam kesiapan ujian adalah berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Iwan mengatakan, doa restu dari keluarga dan orang-orang terkasih akan menjadi penguat para peserta ujian Seleksi Kompetensi I PPPK Guru 2021.


"Tentunya doa restu dari keluarga dan orang-orang terkasih akan terus menguatkan bapak ibu, termasuk dari kita yang hadir di sini," lanjutnya.


Sementara itu, Psikolog Lembaga Psikologi Cahaya Hati, Nurina menyampaikan, ada tiga hal penting yang perlu disiapkan sebelum menghadapi ujian Seleksi Kompetensi PPPK Guru. Ketiganya adalah kemampuan kognitif atau komponen berpikir, kemampuan afektif atau kemampuan mengelola perasaan, dan konatif atau kecenderungan untuk berperilaku.


"Saya pikir jika tiga hal ini mampu kita tata atau kita kelola dengan baik. Yang namanya kesuksesan itu sudah tinggal sejengkal lagi dalam genggaman kita," ucap wanita yang akrab disapa Ririn tersebut.


Sumber : https://www.detik.com/


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.