Para Peserta Tes CPNS dan PPPK 2021 Bisa Bernapas Lega, Beberapa Daerah Ini GRATISKAN Antigen, Cek Daftar Daerahnya Disini!
CopyAMP code

Para Peserta Tes CPNS dan PPPK 2021 Bisa Bernapas Lega, Beberapa Daerah Ini GRATISKAN Antigen, Cek Daftar Daerahnya Disini!

Senin, 30 Agustus 2021


Gurubisa.com - Berdasarkan Surat Edaran Nomor: 7787/B-KS.04.01/SD/E/2021 tentang Jadwal SKD CPNS dan PPPK Non-Guru tahun 2021, BKN resmi menetapkan surat hasil tes PCR atau Rapid Test Antigen sebagai syarat ikut ujian SKD CPNS 2021. 0


Semua peserta CPNS dan PPPK 2021 diwajibkan untuk melakukan tes PCR atau Rapid Test Antigen serta membawa hasilnya ke lokasi ujian.


Adanya aturan itu, ada daerah langsung merespon dengan gratiskan Rapid Test Antigen untuk pelamar CPNS dan PPPK 2021.


Apakah daerah kamu masuk yang gratiskan Rapid Test Antigen? Baca di bagian bawah artikel ini.


Peserta CPNS dan PPPK wajib melakukan tes PCR 2x24 jam dan Rapid Test Antigen 1x24 jam dengan hasil negatif atau non reaktif sebelum pelaksanaan tes CPNS dan PPPK.


Bagi peserta CPNS dan PPPK 2021 bisa memilih di antara kedua tes tersebut sebagai syarat  ikut ujian SKD nanti.


Syarat tersebut terdapat pada poin 6 surat edaran. Selaian kedua tes itu, wajib vaksin untuk tiga wilayah juga diatur. Berikut isi poin 6 dalam surat itu.


Berdasarkan rekomendasi Ketua Satgas Covid-19, pelaksanaan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun 2021 wajib dilaksanakan dengan protokol kesehatan secara ketat, antara lain:


1. Melakukan swab test RT PCR kurun waktu maksimal 2x24 jam atau rapid test antigen kurun waktu maksimal 1x24 jam dengan hasil negatif/non reaktif yang pelaksanaannya wajib sebelum mengikuti seleksi CASN Tahun 2021;


2. Menggunakan masker 3 lapis (3 ply) dan ditambah masker kain di bagian luar (double masker);


3. Jaga jarak (physical distancing) minimal 1 (satu) meter;


4. Cuci tangan dengan sabun/hand sanitizer;


5. Ruang kegiatan maksimal diisi 30 (tiga puluh) persen dari kapasitas normal ruangan tempat pelaksanaan seleksi CASN Tahun 2021 yang akan dilakukan;


6. Khusus bagi peserta seleksi CASN Tahun 2021 di Jawa, Madura, dan Bali wajib sudah divaksin dosis pertama.


Nah, sampai Minggu, 29 Agustus 2021, dua daerah diketahui langsung ambil kebijakan gratiskan Rapid Test Antigen untuk pelamar CPNS dan PPPK.


Dua daerah itu yakni:


1. Kota Batam


Pemerintah Batam akan menggratiskan rapid test Antigen untuk peserta CPNS, yang bisa dilakukan di puskesmas se-Kota Batam.


 Pernyataan ini disampaikan melalui Surat Nomor: 1524/BKPSDM/8/2021 tentang Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Pengadaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Kota Batam pada 27 Agustus 2021.


Isi dari surat pengumuman tersebut mengatakan, para peserta bisa melakukan rapid test Antigen gratis (tanpa dipunggut biaya) di Puskesmas se-Kota Batam, dengan syarat menunjukkan kartu Tanda Peserta Ujian.


2. Banyuwangi


Pemkab Banyuwangi mengumumkan bakal akan menanggung biaya swab antigen bagi peserta seleksi CPNS 2021 dan PPPK. 


Dikutip dari https://bkd.banyuwangikab.go.id, adapun syaratnya adalah:


- Peserta seleksi kompetensi dasar (SKD) calon ASN bisa menjalani swab antigen gratis di seluruh puskesmas pada H-1 jadwal SKD


- Cukup membawa Kartu Peserta Ujian dan KTP Banyuwangi.***


Sumber : pikiran-rakyat.com


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.