AKHIRNYA Kemendikbud Beri Penjelasan Terkait Kabar Tidak Adanya Slot CPNS Formasi Guru dalam Seleksi ASN Tahun 2022, SIMAK
CopyAMP code

AKHIRNYA Kemendikbud Beri Penjelasan Terkait Kabar Tidak Adanya Slot CPNS Formasi Guru dalam Seleksi ASN Tahun 2022, SIMAK

Senin, 23 Agustus 2021


Gurubisa.com - Kabar tidak adanya slot CPNS untuk pengajar dalam seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2022 mengemuka. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemendikbud Ristek) menyatakan, formasi CPNS ditentukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).


"Yang berhak menentukan formasi bukan Kemendikbud, tapi Kemenpan RB. Kemendikbud hanya menyampaikan kebutuhan," ujar Sekretaris Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Ristek, Nunuk Suryani, saat dikonfirmasi Republika, Sabtu (21/8).


Dia menyebutkan, kebutuhan CPNS guru pada 2022 adalah selisih dari satu juta formasi dikurangi formasi CPNS guru pada 2021 dan mereka yang pensiun di 2022. Angka tersebutlah yang akan disampaikan Kemendikbud Ristek kepada Kemenpan RB terkait kebutuhan formasi guru.


"Kebutuhan kita selisih dari satu juta formasi dikurangi yang sekarang plus yang pensiun di tahun 2022," kata dia.


Namun, slot CPNS guru 2022 akan ditentukan Kemenpan RB. Nunuk mengaku, belum mengetahui soal kepastian tidak adanya formasi CPNS untuk guru pada 2022 mendatang dan meminta hal ini ditanyakan kepada pihak Kemenpan RB. "Saya belum tahu. Paling tepat nanyanya ke Kemenpan RB," tutur Nunuk.


Dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) menyebutkan ada indikasi kuat pemerintah tidak membuka lowongan guru PNS untuk tahun 2022. Kesimpulan ini muncul dari dokumen surat terkait pengadaan ASN 2022 dari sejumlah daerah. 


Di situ diketahui jika para guru hanya akan diajukan slot sebagai PPPK. Dokumen tersebut mengacu pada Surat Menpan dan RB No. B/1161/M.SM.01.00/2021 tanggal 27 Juli 2021. P2G mendapatkan bukti dokumen surat misalnya dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Timur, BKPSDM Kabupaten Rokan Hilir, dan Sekretariat Daerah Kabupaten Muara Enim, yang pada intinya mengumumkan dan memerintahkan kepada jajaran Pemda setempat bahwa pengadaan ASN pada 2022 hanya untuk PPPK, tidak ada PNS.


Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda meminta, Kemendikbud Ristek segera memberikan penjelasan sehingga kabar tersebut tidak menjadi isu liar. Kabar tidak adanya slot CPNS bagi guru memang menjadi isu sensitif.


“Kami meminta Kemendikbud Ristek dan pihak terkait segera memberikan kejelasan atas informasi tidak adanya slot CPNS bagi guru untuk seleksi ASN tahun 2022. Kami menerima banyak protes dan ungkapan keresahan dari para guru atas informasi tersebut,” ujar Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda dalam keterangannya, Sabtu (21/8).


Sumber : https://www.republika.co.id/


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.