Seleksi PPPK Guru, Pakai Sistem Peringkat Isi Formasi Kosong, Begini Aturanya
CopyAMP code

Seleksi PPPK Guru, Pakai Sistem Peringkat Isi Formasi Kosong, Begini Aturanya

Senin, 05 Juli 2021


Gurubisa.com - Seleksi PPPK guru digelar hingga tiga kali. Bila masih ada formasi tak terisi, otomatis akan diisi dengan sistem peringkat terbaik. Tak ada tes lagi.


Plt Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Katmoko Ari Sambodo mengatakan, alur seleksi khusus PPPK guru sudah diatur regulasinya.


Untuk seleksi pertama, THK-II dan guru honorer di sekolah negeri harus melamar di sekolah tempat dia mengajar. Bila tidak tersedia formasinya, baru bisa melamar di sekolah lain.


“Kemudian bila tidak lulus seleksi pertama, maka mendaftar kembali di seleksi kedua yang masih kosong formasinya. Khusus untuk lulusan pendidikan profesi guru (PPG) hanya bisa melamar sesuai domisilinya,” ungkapnya.


Bila masih masih tidak lulus, maka bisa mengikuti seleksi ketiga. Seleksi terakhir ini dibuka secara nasional. Pelamar bisa memilih lintas kabupaten, bahkan lintas provinsi. Bahkan bisa dari SMP mendaftar untuk SMA termasuk dari SMA bisa mendaftar untuk formasi di SMP.


“Ini untuk seleksi tahap ketiga. Selama formasinya masih belum terisi dan memenuhi syarat sesuai sertifikat pendidik dan kualifikasi yang bersangkutan,” tuturnya.


Bagi pelamar PPPK guru yang belum lulus di tiga kali seleksi, jangan berkecil hati. Masih ada mekanisme terakhir dilakukan pengisian kebutuhan yang belum terpenuhi atau formasinya masih kosong. Nanti diisi secara otomatis, tidak ada lagi seleksi.


“Ini bagi yang memenuhi nilai ambang batas dan berperingkat terbaik. Nanti akan ditempatkan sesuai dengan jabatan, bentuk satuan pendidikan dan instansi yang dilamar. Sekolahnya ditentukan nanti Kemendikbud,” jelasnya.


Khusus seleksi PPPK guru, karena diadakan tiga kali, maka dibuat aturannya untuk mengakomodasi empat kategori calon pelamar. Seperti THK-II, guru non-ASN di sekolah negeri, guru swasta dan lulusan PPG. Untuk seleksi pertama, hanya diikuti THK-II dan guru Non-ASN atau guru honorer di sekolah negeri.


“Kemudian nanti di seleksi kedua bagi yang tidak lulus seleksi pertama ditambah bisa diikuti guru swasta dan lulusan PPG. Kemudian seleksi ketiga bagi yang tidak lulus seleksi kedua,” bebernya.


Plt Kabiro Humas, Hukum dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN), Paryono menambahkan, saat ini masih ada instansi yang pilihan formasi PPPK gurunya belum tersedia. Namun bukan berarti pendaftaran PPPK guru belum dibuka. Semua kategori seleksi CASN sudah dibuka.


“Hanya saja memang ada yang belum muncul di laman pendaftaran, karena formasinya sekali lagi belum difinalisasi,” terangnya.


Pihaknya meminta para pelamar terus memantau ketersediaan formasi. Apabila formasi yang dicari sudah tersedia linknya, berarti formasinya sudah final. Sisa melakukan pendaftaran.


“Kita minta calon pelamar betul-betul memperhatikan formasi. Mencocokkan dengan kualifikasi pendidikan yang dimiliki sesuai persyaratan sebelum mendaftar,” tukasnya.


Sulit Akses Situs


Risiko sulit mengakses situs pendaftaran seleksi CASN menjadi momok. Sebab, calon peserta seleksi dominan hanya buat akun.


Peserta yang mendaftar langsung masih sangat minim. Data yang dihimpun FAJAR dari Pengadaan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), calon peserta yang membuat akun sudah ada ribuan orang. Akan tetapi, calon yang menyelesaikan proses pendaftaran masih sekitar 300 peserta, Minggu, 4 Juli.


Kepala Bidang Pengadaan BKPSDM Makassar, Kadir mengatakan, kondisi ini justru mengkhawatirkan bagi calon peserta seleksi CASN. “Jika menunggu waktu tertentu, akan membuat situs sulit diakses karena banyak yang mau masuk,” katanya.


Selain itu, peserta PPPK Guru untuk Makassar masih diharap bersabar. Pendaftaran baru bisa efektif, Senin 5 Juli, hari ini.


Hal itu karena rincian untuk PPPK guru punya kesempatan terakhir. Meski gagal lolos hingga tahap ketiga.Kesempatan tersebut diberikan melalui mekanisme pengisian formasi kosong. Mekanisme ini memang masuk dalam salah satu tahapan pelaksanaan seleksi PPPK guru 2021.


Pada tahap ini, setelah tes ketiga, formasi yang masih belum terisi dapat dilakukan optimalisasi pengisian formasi kosong.


Pengisian formasi kosong dilakukan berdasarkan ranking penilaian sekolah yang akan ditentukan Kemendikbud.Plt Kepala BKPSDM Kota Makassar, Siswanta Attas menambahkan, peserta harus perhatikan betul administrasi. “Tahun sebelumnya banyak yang tidak lolos administrasi,” katanya. (*)


Sumber : https://fajar.co.id/


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.