Nadiem Siapkan Kriteria Standar Bagi Guru Baru dan Guru Lama untuk Menjadi Pengajar yang Berkualitas
CopyAMP code

Nadiem Siapkan Kriteria Standar Bagi Guru Baru dan Guru Lama untuk Menjadi Pengajar yang Berkualitas

Rabu, 14 Juli 2021


Gurubisa.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, mengatakan bahwa pihaknya tengah mempersiapkan program untuk peningkatan lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG). Artinya, kriteria standar guru baru akan berubah.


“Guru itu dalam sistem pelatihan, kita akan mengubah berbagai macam kriteria standar guru-guru baru, guru itu dalam sistem pelatihan kita akan mengubah kriteria standar melalui PPG program,” jelas dia dalam webinar Akademi Edukreator, Rabu (14/7).


Transformasi yang ada di dalam program PPG akan dilakukan. Tujuannya adalah agar para tenaga didik dapat memiliki apa yang saat ini dinilai masih minim, yakni pola pikir yang baik.


“Kita akan mentransformasi program PPG kita, yaitu program profesi guru. Jadi guru yang baru masuk itu harus kita pastikan mereka memiliki growth mindset dan punya kemampuan berpikir kritis,” imbuhnya.


Sementara untuk guru yang sudah ada, pihaknya sebenarnya sudah menyediakan banyak program, salah satunya Sekolah Penggerak serta Guru Belajar dan Berbagi. Namun, nanti akan ada lagi penambahan program yang disediakan kepada para guru untuk dapat meningkatkan kualitasnya secara mandiri.


“Untuk guru-guru yang sudah ada, kita akan menyediakan platform online untuk melakukan upgrading secara mandiri agar bisa meningkatkan daya kemampuan kritisnya,” tutur Nadiem.


Selain itu, agar para guru semakin kompeten, menurutnya kurikulum juga harus diubah, untuk satu ini telah dilakukan dengan penerapan kurikulum yang disederhanakan di Sekolah Penggerak.


“Kurikulum pun juga harus berubah, sehingga anak-anak kita akan lebih terasah untuk mengerjakan sesuatu yang harus kita karyakan, itu akan melatih bagaimana kita secara lebih efektif bergotong royong, berkolaborasi dan berinovasi,” pungkas dia.


Sumber : jawapos.com


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.