Mudah dan Praktis, Para Guru Bisa Buat Media Belajar Kreatif melalui Aplikasi Ini
CopyAMP code

Mudah dan Praktis, Para Guru Bisa Buat Media Belajar Kreatif melalui Aplikasi Ini

Senin, 05 Juli 2021


Gurubisa.com - Seorang guru harus kreatif menyajikan media belajar untuk membuat siswa tetap antusias dan aktif di kelas. 


Salah satunya yang bisa dicoba dengan membuat proses pengajaran melalui aplikasi Powtoon. Bagi yang kurang terlalu familiar dengan Powtoon, ini merupakan sebuah aplikasi yang dirilis sejak 2012 untuk membuat video dengan lebih mudah. 


Aplikasi ini memiliki banyak fitur. Mulai dari memiliki pilihan pola atau template beragam untuk video (seperti presentasi, video marketing, infografik, iklan, dan lain-lain). 


Ditambah banyaknya fitur mudah untuk menambahkan musik, gambar, dan media unik lainnya. 


Nah, ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengakses Powtoon. Pertama melalui situsnya, kedua dengan menginstal aplikasinya yang bisa diunduh di App Store atau Play Store. 


Mudah Membuat Media Belajar Video Animasi dengan Powtoon 


Video animasi merupakan media belajar yang sangat menyenangkan untuk semua kalangan murid. Ada visual dan audio yang membuat murid-murid tertarik. 


Namun, tidak semua guru bisa membuat media belajar dalam bentuk video animasi.


Powtoon bisa menjadi solusinya. Cara membuatnya, pertama yang perlu Anda lakukan adalah sign up terlebih dahulu, disarankan menggunakan akun Google. 


Lalu pengguna bisa memilih bentuk template animasi yang ditawarkan, tinggal edit saja sesuai dengan kebutuhan. 


Ada versi yang gratis, ada pula yang berbayar. Nah, setelah selesai mengedit, bisa langsung diekspor, publish, download, dan juga dibagikan di sosial media. 


Mudah Membuat Media Belajar Presentasi dengan Powtoon 


Selain video animasi, Anda juga bisa membuat media belajar berupa presentasi. Ini bisa menjadi alternatif selain Powerpoint. 


Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Powtoon lebih mudah, sehingga membuat proses mengajar jadi lebih menarik. 


Cara membuat presentasi dengan Powtoon adalah milikilah akun atau sign up terlebih dahulu ke situsnya. Untuk akun baru, Anda akan diberi waktu 48 jam atau dua hari untuk menikmati berbagai fitur-fitur premium. Selanjutnya pada dashboard Powtoon, klik Start From Scratch, lalu editlah sesuka hati. 


Bisa diganti background, karakter yang bisa bergerak. Dan hasil akhir presentasi ini berupa video.


Solusi Belajar Powtoon dengan Lebih Mudah 


Bagi Anda yang masih kurang paham bagaimana cara menggunakan Powtoon ada sebuah platform yang akan sangat membantu. 


Namanya adalah Guru Binar. Ini memang merupakan sebuah platform yang hadir salah satunya untuk meningkatkan kompetensi dan karier guru. 


Guru Binar sendiri awalnya memiliki nama LenteraEdu yang merupakan milik dari Putera Sampoerna Foundation dalam (PSF) dalam School Development Outreach. 


Platform yang telah berdiri Oktober 2020 yang lalu ini menawarkan banyak sekali pelatihan yang menarik untuk tenaga didik. Salah satunya adalah tentang Powtoon ini. 


Lebih tepatnya adalah pelatihan yang berjudul “Media Pembelajaran Berbasis Video dengan POWTOON”. 


Di dalamnya akan ada tutorial membuat media pembelajaran video animasi dengan Powtoon dan Anda akan langsung praktik. 


Untuk kelasnya memiliki durasi 180 menit dan mendapatkan banyak penawaran menarik.


Anda akan diberikan akses selamanya untuk kelas Powtoon, gratis bahan bacaan, gratis juga video pembelajaran, gratis worksheet, dan juga gratis portofolio. 


Selain itu semua, Anda juga akan diberikan review oleh fasilitator handal, terpercaya dan profesional, dan yang paling penting adalah menerima sertifikat. 


Media belajar yang kreatif di zaman sekarang ini memang sangat dibutuhkan. Maka dari itulah Anda harus terus mengembangkan kompetensi yang dimiliki. 


Baik itu membuat media belajar dengan Powtoon atau lainnya, Guru Binar bisa jadi solusi yang selama ini Anda cari. Bisa ikut pelatihan dari mana saja lho. (flo/jpnn)


Sumber : jpnn.com