Jelang Seleksi Kompetensi, Kemendikbud Bagikan Materi Pembelajaran Calon PPPK Guru 2021 Lengkap dengan Latihan Soal
CopyAMP code

Jelang Seleksi Kompetensi, Kemendikbud Bagikan Materi Pembelajaran Calon PPPK Guru 2021 Lengkap dengan Latihan Soal

Kamis, 15 Juli 2021


Gurubisa.com - Pelaksanaan Seleksi Kompetensi PPPK Guru akan digelar pada Agustus sampai dengan Desember 2021.


Seleksi kompetensi terbagi menjadi tiga yakni Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial dan Kompetensi Sosial Kultural.


Sementara seleksi kompetensi akan dilakukan tiga kali.


Untuk mempermudah Calon PPPK Guru mengikuti Seleksi Kompetensi ini yang menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT), maka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyiapkan materi pembelajaran.


Dikatakan Mendikbudristek Nadiem Makarim, materi tersebut dipersiapkan bagi pendaftar PPPK Guru untuk mengikuti ujian seleksi.


Materi tersebut dapat diakses secara daring di platform Guru Belajar dan Berbagi.


Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK adalah program pembelajaran yang dirancang sebagai solusi untuk meningkatkan kompetensi pedagogi dan profesionalisme dengan menyediakan fasilitas untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan serta latihan soal-soal sebagai bekal dalam mengikuti seleksi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).


Untuk dapat mengakses latihan soal tersebut, peserta diminta untuk mengakses https://gurubelajar.kemdikbud.go.id/, dan pilih Layanan Masuk.


Isikan surel atau no. UKG dan Password yang dimiliki oleh peserta, kemudian klik Masuk.


Kemudian masuk ke beranda program SIM Guru Belajar, Pilih Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK.


Jika calon peserta memenuhi syarat untuk mengikuti Guru Belajar Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK, maka kartu untuk mendaftar aktif, silakan klik Daftar


Para peserta memilih Mapel yang akan diikuti, silahkan untuk membaca syarat dan ketentuan terlebih dahulu, selanjutnya mencentang pernyataan untuk meyetujui, kemudian Klik Daftar.


Setelah peserta berhasil login dan mendaftar sesuai dengan Mapel yang diinginkan, para peserta mendapatkan Fasilitasi Pembelajaran yang meliputi Materi, Perangkat, Comunity Learning dan Latihan Soal, berikut tatacara untuk Mengikuti kelas Fasilitasi :


Pada halaman Beranda Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK, terdapat Kolom Fasilitasi Pembelajaran, klik "Tautan Fasilitasi"


Peserta akan diarahkan ke LMSuntuk mengerjakan dan menyelesaikan semua kursus yang ada, berikut contoh tampilan course pada seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK.


Selesaikan semua materi pembalajaran pada kursus yang disediakan. Dengan menyelesaikan materi kursus, maka anda berhak mengikuti Try-Out


Peserta yang telah melakukan dan menuntaskan kelas fasilitasi, sesuai dengan mapel yang dipilih. Tahapan selanjuntya adalah mendaftar tryout, berikut tatacara melakukan pendaftaran tryout:


Pastikan peserta tuntas pada kelas fasilitasi.


Gulir layar kebawah dan terdapat kartu daftar tryout, klik Daftar TryOut.


Peserta menunggu informasi lanjutan terkait dengan penjadwalan Tryout.


Peserta sudah mendapatkan informasi Jadwal Tryout


Jadwal pelaksanaan Tryout sudah dibuka, silahkan untuk mengerjakan Tryout dengan mengeklik Tautan Tryout.***


Sumber : https://portalsulut.pikiran-rakyat.com/


Demikian yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.