KESEMPATAN EMAS! Buat Guru Honorer, Pahami Ini Agar Bisa Lulus Tes PPPK 2021 dengan MUDAH
CopyAMP code

KESEMPATAN EMAS! Buat Guru Honorer, Pahami Ini Agar Bisa Lulus Tes PPPK 2021 dengan MUDAH

Kamis, 27 Mei 2021


Gurubisa.com - Bagi para guru yang ingin mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan perjanjian Kerja (PPPK) pada 31 Mei mendatang, perlu memperhatikan tes kompetensi PPPK 2021. 


Merangkum dari berkas PDF Rapat Virtual Persiapan Pengadaan CASN 2021 di Pemerintah Daerah, yang dilaksanakan Kemenpan RB beberapa waktu lalu ada tes Kompetensi PPPK tahun 2021. 


Tes tersebut, terdiri dari: 


1. Kompetensi Teknis 


2. Kompetensi Manajerial 


3. Kompetensi Sosio Kultural. 


Di samping tes kompetensi, peserta seleksi PPPK 2021 juga direncanakan akan menjalani tes wawancara berbasis komputer. 


Bagian tes kompetensi teknis terdiri dari 70-100 soal pilihan ganda lima opsi benar atau salah. Sementara bagian tes kompetensi manajerial terdiri dari 20-30 soal pilihan ganda berjumlah empat dengan rentang nilai 0-4. 


Untuk bagian tes kompetensi sosio kultural juga berbentuk pilihan ganda berjumlah 5 dengan rentang nilai 0-5. 


Keseluruhan tes kompetensi direncanakan memiliki durasi 120-160 menit. Adapun tes wawancara seleksi PPPK 2021 berdurasi 10 menit. 


Passing grade (PG) nilai kompetensi teknis direkomendasikan oleh instansi pembina dan ditetapkan Panselnas. Adapun passing grade nilai penjumlahan kompetensi manajerial dan sosiokultural ditentukan Panselnas. 


Sementara passing grade wawancara tidak ditentukan, sehingga hanya untuk menambah nilai akhir dan dapat digunakan instansi pengguna untuk menggali dan mengonfirmasi kembali integritas dan moral peserta. 


Adapun materi tes kompetensi teknis PPPK 2021 mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan. 


Sementara materi tes kompetensi manajerial mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap atau perilaku dalam berorganisasi yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan mengenai: 


  • Integritas 

  • Kerjasama 

  • Orientasi pada hasil 

  • Komunikasi 

  • Pelayanan publik 

  • Pengembangan diri dan orang lain 

  • Pengambilan keputusan 

  • Mengelola perubahan 


Sedangkan materi tes kompetensi sosio kultural mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap atau perilaku dalam berinteraksi dengan masyarakat majemuk. 


Aspeknya mencakup dalam hal agama, suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai, moral, emosi dan prinsip, dalam peran pemangku jabatan sebagai perekat bangsa terkait: 


  • Kepekaan terhadap perbedaan budaya 

  • Kemampuan berhubungan sosial 

  • Kepekaan terhadap konflik 

  • Pengendalian diri 

  • Empati 


Pada seleksi PPPK Guru 2021, akan diberikan tambahan nilai atau afirmasi pada penilaian Kompetensi Teknis dengan kriteria tertentu. Adapun jenis-jenis tambahan nilai/afirmasi sebagai berikut: 


1. Sertifikat Pendidik yang linier dengan formasi yang dilamar, nilai 100 persen dari nilai maksimum Kompetensi Teknis 


2. Usia, berlaku untuk peserta di atas 35 tahun dan berstatus aktif sebagai Guru selama 3 tahun terakhir berdasarkan data Dapodik. Nilai afirmasi usia yaitu 15 persen dari nilai maksimum Kompetensi Teknis 


3. Disabilitas, nilai afirmasi sebesar 10% dari nilai maksimum Kompetensi Teknis. Adapun kriteria guru yang bisa melamar akan disiapkan Kemendikbud Ristek. Sementara verifikasi akan dilakukan Kemendikbud Ristek lewat video. 


4. Guru Honorer THK-II, nilai afirmasi 10 persen dari nilai maksimum Kompetensi Teknis. Nilai afirmasi ini diberikan pada peserta yang terdaftar di database THK-II BKN dan berstatus aktif sebagai guru selama 3 tahun terakhir berdasarkan Data Dapodik. 


Tambahan nilai tersebut atau afirmasi dapat diterapkan secara akumulatif. Adapun nilai Kompetensi Teknis seleksi PPPK 2021 tidak boleh lebih besar daripada nilai maksimal Kompetensi Teknis.


Sumber : https://www.kompas.com/


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.