ATURAN Baru Kemendikbudristek, USIA Bukan Syarat Utama dalam PPDB Tahun Ini
CopyAMP code

ATURAN Baru Kemendikbudristek, USIA Bukan Syarat Utama dalam PPDB Tahun Ini

Selasa, 25 Mei 2021


Gurubisa.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memastikan usia tak lagi menjadi syarat utama dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini. Penerapan syarat usia sempat menjadi polemik dalam PPDB tahun lalu, khususnya di Jakarta.

 

"Kita sudah menyepakati mengenai umur itu, tidak menjadi syarat di atas. Jadi hanya untuk bangku terakhir saja. Jadi ketika anak itu sama semua termasuk nilai rapornya, maka diseleksi dengan umur," ujar Irjen Kemendikbudristek, Chatarina Muliana Girsang dalam konferensi pers daring, Senin, 24 Mei 2021.

 

Sementara itu, Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar dan Menengah (PAUD Dikdasmen) Kemendikbudristek, Jumeri pun mengatakan pihaknya tak pernah menyebut usia menjadi syarat utama dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud). Seleksi siswa hanyalah berdasarkan zonasi, afirmasi, prestasi, dan perpindahan orang tua.


"Kalau ada kelebihan atas animo bisa digunakan pertimbangan prestasi. Dan usia peserta didik dan sebagainya itu nomor kesekian," ungkapnya.

 

Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta pada tahun lalu menggunakan seleksi usia untuk PPDB. Disdik DKI percaya seleksi usia dapat mengakomodasi semua lapisan untuk bersekolah. Namun, kebijakan ini menuai polemik.

 

PPDB tahun ini akan memakai prinsip terbesar sistem zonasi dan afirmasi. Untuk SD, kuota zonasi 70 persen. Sementara untuk SMP dan SMA, zonasi minimal 50 persen.

 

Tahun ini merupakan kedua kalinya PPDB dilaksanakan dalam suasana pandemi, sehingga PPDB 2021 diharapkan tetap menggunakan mekanisme daring, tanpa tatap muka.


Sumber : medcom.id


Demikian berita PPDB terbaru yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.