INFO TERBARU, Penerimaan CPNS 2022 DITIADAKAN, Bagaimana NASIB PPPK? Begini Penjelasan BKN
CopyAMP code

INFO TERBARU, Penerimaan CPNS 2022 DITIADAKAN, Bagaimana NASIB PPPK? Begini Penjelasan BKN

Senin, 15 Agustus 2022


Gurubisa.com - Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana mengatakan tak akan ada pembukaan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2022.


Bima mengatakan, untuk tahun 2022, BKN akan fokus mengangkat Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).


"Kita tahun ini hanya fokus mengangkat Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) karena menyangkut dengan tenaga honor di daerah yang menjadi fokus dan harus selesai sebelum 23 November 2023," kata Bima dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara pada Senin, 15 Agustus 2022.


Terkait dengan jumlah formasi yang dibutuhkan untuk PPPK, Bima menyebut hal tersebut belum diketahui lantaran masih dalam tahap pendataan.


Pendataan dan pembuatan jadwal pengangkatan terkait dengan tenaga P3K masih dilakukan oleh BKN bersama dengan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).


BKN akan memverifikasi kembali data yang masuk dan mengidentifikasi jumlah tenaga honor yang ada di daerah masing-masing.


Tenaga P3K yang diangkat tahun ini, kata Bima, tidak hanya guru tetapi juga tenaga kesehatan.


Jika memungkinkan, akan diadakan juga penerimaan di luar profesi guru dan tenaga kesehatan.


Menurut Bima, ke depannya formasi PNS di Indonesia jumlahnya akan berkurang.


Ia membandingkan jumlah PNS dan P3K di Indonesia dengan negara lain. Menurutnya, di luar negeri, jumlah PNS atau public servant lebih banyak daripada tenaga P3K atau government workers.


Di negara lain, kata Bima, jumlah PNS hanya sebesar 20 persen sementara tenaga P3K mencapai 80 persen dari total pegawai di suatu negara.


Di Australia dan Selandia Baru, jumlah tenaga P3K mencapai seratus 100 persen. Bima mengatakan Indonesia sedang pelan-pelan menuju ke arah sana.


Sebelumnya, pemerintah diberitakan akan membuka penerimaan CPNS 2022.


Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) ad interim, Mahfud MD mengatakan dalam keterangan rapat kerja bersama Komisi II DPR RI, Selasa, 28 Juni 2022 bahwa jumlah rekrutmen pengadaan ASN tahun 2022 adalah sebanyak 1.086.126.


Saat itu, Mahfud juga mengatakan pengadaan rekrutmen CPNS tahun 2022 akan difokuskan pada P3K guru, tenaga kesehatan, dan tenaga lainnya.***


Sumber : https://www.pikiran-rakyat.com/


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.