UPDATE Seleksi Guru PPPK 2022 : Ada Kuota Prioritas 193.954 Orang dari Peserta Tahun Lalu, SEGERA CEK!
CopyAMP code

UPDATE Seleksi Guru PPPK 2022 : Ada Kuota Prioritas 193.954 Orang dari Peserta Tahun Lalu, SEGERA CEK!

Selasa, 19 Juli 2022


Gurubisa.com - Pemerintah telah mengumumkan tentang seleksi CPNS dan PPPK 2022 yang dibuka dengan kuota sebesar 1.086.128 formasi jabatan, termasuk untuk guru ASN.


Dengan kuota formasi jabatan sebanyak itu, berikut update informasi seleksi guru ASN PPPK.


Terkait seleksi guru ASN PPPK itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek, Nunuk Suryani mengungkap prioritas kuota akan tertuju pada peserta tahun lalu.


Disebutkan oleh Nunuk, seleksi guru ASN PPPK 2022 akan mengambil 193.954 orang yang menjadi peserta tahun lalu, sebagai prioritas yang berpeluang besar lolos.


Namun begitu, syarat utama untuk mendapat prioritas adalah peserta tahun 2021 yang lulus passing grade.


"Mereka yang telah lulus passing grade, namun belum mendapatkan formasi," ujar Nunuk Suryani selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).


Lebih lanjut, kuota prioritas akan digabungkan dengan kuota formasi guru yang diajukan masing-masing daerah pada tahun ini.


Diketahui, total kuota untuk seleksi guru ASN PPPK 2022 dari seluruh daerah di Indonesia adalah 758.018 orang.


"Kami berharap setelah rapat koordinasi ini bapak dan ibu panitia daerah menambah kuota formasi, sehingga bisa memenuhi pekerjaan rumah kita pada tahun depan," ujar Nunuk menjelaskan.


"Kami membantu agar hal tersebut terealisasi dengan baik dan sesuai, sehingga guru-guru berkualitas yang memenuhi kuota tersebut," ujar Nunuk menambahkan.


Lebih lanjut, Nunuk menjelaskan terkait proses seleksi yang melibatkan pemerintah daerah akan memiliki beberapa perubahan mekanisme, yang merupakan hasil evaluasi dari hasil tahun lalu.


"Kami mengharapkan bapak dan ibu pemerintah daerah punya perhatian yang besar seperti kami. Pemenuhan kebutuhan guru adalah pekerjaan bersama. Jadi kolaborasi yang baik antara kita akan menghasilkan guru-guru terbaik yang diangkat menjadi guru ASN PPPK," ujar Nunuk menegaskan.


Sementara itu, pengadaan seleksi ASN PPPK daerah sebanyak 942.257 orang, yang kemudian dibagi untuk 758.018 guru dan 184.239 fungsional selain guru.***


Sumber : https://www.pikiran-rakyat.com/


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.