TEROBOSAN Baru Nadiem, TIGA HAL PENTING yang Harus Dilakukan oleh Guru PNS, PPPK dan Honorer di Semua Jenjang, Simak!
CopyAMP code

TEROBOSAN Baru Nadiem, TIGA HAL PENTING yang Harus Dilakukan oleh Guru PNS, PPPK dan Honorer di Semua Jenjang, Simak!

Kamis, 14 Juli 2022


Gurubisa.com - Mendengar nama kurikulum merdeka belajar mungkin sudah tidak asing lagi dalam topik pembahasan.


Untuk lebih mengenal terkait kurikulum merdeka belajar ini ada beberapa informasi yang dapat Anda ketahui.


Sebelumnya, perlu diketahui bahwa kurikulum merdeka belajar merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam.


Di mana dari konten akan lebih optimal supaya peserta didik ini memperoleh waktu yang cukup untuk mendalami konsep serta menguatkan kompetensi.


Adapun terkait implementasi dari kurikulum merdeka belajar ini yang perlu Anda ketahui adalah fokus pada asas kemerdekaan.


Dengan demikian pendidik nanti bisa menerapkan materi yang esensial serta fleksibel sebab akan disesuaikan dengan minat, kebutuhan juga karakteristik peserta didik.


Berbicara tentang kurikulum merdeka belajar, mungkin ada pertanyaan terkait bentuk struktur kurikulum dengan penerapan kurikulum merdeka belajar.


Kurikulum akan terdiri atas kegiatan intrakurikuler, projek penguatan profil pelajar pancasila, dan ekstrakurikuler.


Selain itu terkait alokasi dari jam pelajaran juga pada struktur kurikulum juga dituliskan secara total dalam waktu satu tahun serta dilengkapi juga dengan saran alokasi jam pelajaran jika disampaikan secara reguler atau mingguan.


Bahkan juga ada penyesuaian dalam pengaturan mata pelajaran yang sudah secara terperinci dijelaskan daftar tanya jawab setiap jenjang.


Kemudian terkait pertanyaan perubahan jam pelajaran dengan penerapan kurikulum merdeka belajar ini, maka jawabannya adalah tidak ada perubahan total jam pelajaran.


Namun, jam pelajaran bagi setiap mata pelajaran akan dialokasikan bagi dua kegiatan pembelajaran.


Adapun dua kegiatan pembelajaran tersebut yakni pembelajaran intrakurikuler dan projek penguatan profil pelajar pancasila.


Sehingga perlu dipahami bahwa jika dihitung dari jam pelajaran kegiatan belajar rutin di kelas saja, memang jam pelajaran seolah berkurang daripada kurikulum 2013.


Namunm selisih dari jam pelajaran tersebut akan dialokasikan untuk proyek penguatan profil pelajar pancasila.


Selanjutnya jika ada pertanyaan terkait perubahan struktur kurikulum ini akan berdampak pada jam mengajar guru, maka jawaban yang perlu Anda ketahui adalah tidak berpengaruh. Projek akan tetap dihitung menjadi beban mengajar guru.


Dikutip BeritaSoloRaya.com dari unggahan akun instagram @ditjen.gtk.kemdikbud itulah informasi seputar kurikulum merdeka belajar.


Semoga dapat memberi manfaat dan menjadi tambahan informasi bagi Anda untuk lebih mengenal kurikulum merdeka belajar.***


Sumber : pikiran-rakyat.com


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.