SE Kemdikbud Diterbitkan, Nadiem Resmi Tambahkan Mata Pelajaran Baru di TA 2022-2023, Guru dan Dosen Semua Jenjang Segera Lakukan Ini
CopyAMP code

SE Kemdikbud Diterbitkan, Nadiem Resmi Tambahkan Mata Pelajaran Baru di TA 2022-2023, Guru dan Dosen Semua Jenjang Segera Lakukan Ini

Selasa, 05 Juli 2022


Gurubisa.com - Kemdikbud menginfokan untuk semua guru dan dosen bersiap dalam menyambut tahun ajaran baru 2022/2023.

 

Kemdikbud menyampaikan pula untuk guru dan dosen yang berkaitan dengan adanya mata pelajaran baru yang diterapkan mulai TA 2022/2023 pada Kurikulum Merdeka Belajar.

 

Mata pelajaran yang diberlakukan Kemdikbud untuk guru, dosen dan peserta didik semua jenjang pendidikan, mulai PAUD, SD, SMP, SMA/SMK, dan Perguruan Tinggi.

 

Pemberlakuan disampaikan langsung oleh Kemdikbud, sebagaimana BeritaSoloRaya.com mengutip dari akun Instagram resminya @ditjen.gtk.kemdikbud, pada Senin, 4 Juli 2022.

 

Pasalnya, Kemdikbud menyampaikan bahwa terdapat mata pelajaran baru di TA 2022/2023 yaitu mata pelajaran Pendidikan Pancasila.

 

Diketahui jika mata pelajaran Pendidikan Pancasila merupakan salah satu mapel yang ada di dalam Kurikulum Merdeka Belajar.

 

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar yang diberlakukan nantinya akan lebih mengedepankan proses belajar yang relevan dan menyenangkan.

 

Yang mana, berdasarkan yang disampaikan oleh Kemdikbud dalam tayangan pada Pencanangan Pendidikan Pancasila di Kurikulum Pendidikan Nasional yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

 

Target yang hendak dibentuk dari mapel Pendidikan Pancasila bertujuan agar peserta didik dan mahasiswa mampu memahami cara mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari.

 

Dalam penerapan mata pelajaran Pendidikan Pancasila terdapat adanya komitmen Pemerintah.

 

Komitmen pemerintah tersebut tertuang dalam mengimplementasikan Peraturan Pemerintah Nomor 4 tahun 2022, mengenai Standar Nasional Pendidikan.

 

Untuk itu, mata pelajaran Pendidikan Pancasila di Kurikulum Merdeka Belajar rencananya akan diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di tahun 2022/2023

 

Tentunya mata pelajaran Pendidikan Pancasila merupakan suatu terobosan baru dari Kemdikbud dalam dunia pendidikan.

 

Untuk itu, guru dan dosen di tahun ajaran baru 2022/2023, harus sudah menerapkan mata pelajaran baru di Kurikulum Merdeka Belajar.

 

Sedangkan untuk guru ataupun dosen di semua jenjang harus beradaptasi menghadapi perubahan dari penambahan mata pelajaran ini.

 

Yang mana, dapat diterangkan dengan baik pada peserta didik maupun mahasiswa di berbagai satuan pendidikan mengenai mata pelajaran Pendidikan Pancasila di Kurikulum Merdeka Belajar.***


Sumber : pikiran-rakyat.com


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.