Pengumuman Resmi Kemendikbud untuk Guru dan Dosen di Seluru Indonesia, Nadiem : Wajib Diterapkan Saat Mengajar Mulai Tahun Ajaran Ini
CopyAMP code

Pengumuman Resmi Kemendikbud untuk Guru dan Dosen di Seluru Indonesia, Nadiem : Wajib Diterapkan Saat Mengajar Mulai Tahun Ajaran Ini

Selasa, 12 Juli 2022


Gurubisa.com - Tahun ajaran baru 2022/2023 telah tiba, Kemdikbud Ristek merilis pengumuman baru untuk semua guru dan dosen.


Pengumuman Kemdikbud ini diperuntukkan untuk guru dan dosen di semua jenjang pendidikan, yang sekolahnya tedaftar dalam Sekolah Penggerak.


Adanya pengumuman ini, berkaitan dengan kurikulum merdeka belajar yang menghadirkan mata pelajaran baru untuk peserta didik.


Mata pelajaran baru yang dirilis Kemdikbud adalah Pendidikan Pancasila yang sudah wajib diterangkan oleh guru dan dosen ke peserta didiknya.


Penambahan mata pelajaran baru ini diumumkan langsung oleh Kemdikbud melalui akun Instagram resminya ditjen.gtk.kemdikbud, pada Senin, 4 Juli 2022 lalu.


Lebih lanjut mata pelajaran Pendidikan Pancasila ini merupakan terobosan baru Kemdikbud di dunia pendidikan khususnya pada kurikulum merdeka.


Selain itu, juga senada dengan tujuan Kemdikbud untuk menjadikan pelajar Indonesia menjadi pelajar yang berkarakter Pancasila, sehingga dapat mengimplementasikan nilai-nilai yang dimiliki dalam kehidupan sehari-hari.


Pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila ini akan diterapkan pada satuan pendidikan dari semua jenjang pendidikan seperti PAUD hingga Perguruan Tinggi.


Tidak hanya itu, dari IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka), Kemdikbud akan memfokuskan pada proses belajar yang lebih relevan dan menyenangkan.


Menurut Kemdikbud, pada penerapan kurikulum 2013, banyak guru dan peserta didik yang menilai bahwa kurikulum 2013 terlalu padat dengan materi.


Sehingga menuntut pada guru dan peserta didik untuk cepat paham dan mengganti materi baru, tanpa mempertanyakan apakah terdapat peserta didik yang belum paham atau tertinggal.


Sebagaimana dikutip BeritaSoloRaya.com dari kanal Youtube Kemdikbud.RI, pada Selasa, 5 Juli 2022, Kemdikbud menyampaikan bahwa pada mata pelajaran baru ini terdapat target baru.


Di mana pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila ini, Kemdikbud menargetkan agar peserta didik dan mahasiswa dapat memahami bagaimana cara mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila.


Kemdikbud juga menyampaikan bahwa dalam penerapan mapel Pendidikan Pancasila merupakan bentuk komitmen Pemerintah dalam menerapkan Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2022.


Peraturan Pemerintah tersebut juga membahas mengenai standar Nasional Pendidikan di Indonesia.


Perlu diketahui bahwa pada mata pelajaran baru ini, Kemdikbud berencana akan menerapkan di lebih 140.000 satuan pendidikan di tahun ajaran baru 2022/2023.


Kemdikbud berharap baik guru maupun dosen dapat beradaptasi dari adanya penambahan mata pelajaran Pendidikan Pancasila ini.***


Sumber : pikiran-rakyat.com


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.