Pelamar PPPK Tahap 3 2022, Kemdikbud Sampaikan Hal Penting Ini, Antisipasi Pemberhentian, Perhatikan!
CopyAMP code

Pelamar PPPK Tahap 3 2022, Kemdikbud Sampaikan Hal Penting Ini, Antisipasi Pemberhentian, Perhatikan!

Rabu, 06 Juli 2022


Gurubisa.com - Dalam kebijakan rekrutmen PPPK guru tahap 3 tahun 2022, terdapat aturan baru mengenai teknis pemilihan formasi.


Hal tersebut diperuntukkan untuk guru honorer yang masuk ke dalam prioritas pertama dalam PPPK 2022.


Ketika formasi telah dibuka di bulan Juli, nantinya guru honorer yang telah lulus passing grade di tahun 2021 akan melakukan konfirmasi guna mendapatkan pesetujuan dari formasi yang diberikan.


Konfirmasi kesediaan ini akan dilakukan di akun SSCASN masing-masing peserta dan akan berlaku bagi semua pelamar, termasuk THK-II, guru honorer swasta, guru honorer negeri, maupun lulusan PPG.


Hal ini beradasarkan Permenpanrb Nomor 20 Tahun 2022, yang terdapat pada paragraph 5 pasal 32, tentang seleksi pelamar P1 yang akan menggunakan hasil seleksi di tahun 2021.


Sehingga untuk pelamar P1 yang telah lulus passing grade, tidak perlu melakukan tes kembali.


Di samping itu, menurut hasil audiensi laporan singkat dari Forum guru honorer yang telah lulus passing grade dari sekolah negeri dengan BKN yang diselenggarakan pada tanggal 28 Juni 2022 lalu.


Menghasilkan laporan singkat mengenai guru yang telah lulus PG tentang sistem pemilihan formasi yang akan diarahkan oleh sistem di SSCASN untuk memilih formasi yang telah tersedia.


Dalam hal ini pelamar hanya perlu menekan tombol yes atau no saja untuk langsung penempatan.


Perlu diketahui bahwa setiap pelamar perlu cermat dalam menekan tombol tersebut, sebab jika salah dalam memilih, tidak ada mutasi di PPPK 2022 atau guru tidak bisa dipindahkan ke tempat lain.


Sebagaimana yang disampaikan Kemdikbud, bahwa pada PPPK 2022 tidak ada mutasi, seperti yang terjadi di tahun 2021 lalu. 


Di sisi lain, untuk seleksi pelamar P1 juga menyesuaikan mekanisme seleksi yang diberlakukan Kemdikbud yaitu guru THk-II akan langsung penempatan.


Untuk penempatan guru honorer pun juga akan ditempatkan di satuan pendidikan guru masing-masing yang terdapat formasi.


Selain itu, untuk jadwal penempatan peserta yang telah lulus passing grade tahun 2021, nantinya akan diperkirakan di pertengahan bulan Juli.


Untuk penempatan diperkirakan dari bulan Juli hingga akhir bulan Agustus, untuk semua guru honorer yang telah lulus passing grade.***


Sumber : pikiran-rakyat.com


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.