CERMATI! Berikut Aturan Baru Pemilihan Formasi dalam PPPK Tahap 3 2022, Guru Honorer Bisa Langsung Penempatan, Cukup Lakukan Ini
CopyAMP code

CERMATI! Berikut Aturan Baru Pemilihan Formasi dalam PPPK Tahap 3 2022, Guru Honorer Bisa Langsung Penempatan, Cukup Lakukan Ini

Sabtu, 02 Juli 2022


Gurubisa.com - Guru honorer harus menyimak ketentuan baru mengenai pemilihan formasi dalam seleksi PPPK 2022 ini.


Sebab guru honorer menempati posisi pelamar prioritas pertama dalam seleksi PPPK tahap 3 tahun 2022.


Dalam pemilihan formasi PPPK tahun 2022, bagi pelamar yang sudah lulus passing grade pada seleksi tahun 2021 akan dimintai konfirmasi persetujuan.


Hal itu juga berlaku untuk guru THK-II, guru honorer di sekolah negeri, lulusan PPG, dan guru swasta, sebagai pengisi pelamar dengan prioritas pertama.


Sebagaimana termaktub dalam Permenpan RB Nomor 20 Tahun 2022, bahwa pelamar priritas pertama memiliki kedudukan yang sama dalam hal seleksi, yaitu dengan menggunakan hasil seleksi pada tahun 2021 lalu.


Artinya, pelamar dengan kategori pertama diprediksi kemungkinan tidak melakukan tes atau ujian lagi.


Sementara itu, BKN telah melaksanakan audiensi dengan forum guru honorer yang sudah lulus passing grade, pada tanggal 28 Juni 2022 lalu.


Hasil dari audiensi tersebut secara singkat yakni adanya mekanisme pengangkatan PPPK 2022 terutama untuk pelamar yang sudah lulus passing grade.


Dalam sistem pemilihan formasi, guru yang lulus passing grade akan diarahkan langsung untuk memilih formasi yang tersedia.


Pemilihan formasi tersebut tentu melalui satu tahapan yakni konfirmasi, dengan menekan tombol yes atau no.


Meski begitu, guru yang lulus passing grade harus memahami hal ini, bahwa kebijakan regulasi terbaru untuk ASN tahun 2022 nanti tidak bisa melakukan mutasi.


Maka ketika akan melakukan pemiliha formasi, seluruh pelamar harus benar-benar mempertimbangkan dengan cermat, terlebih jika akan menekan pilihan yes.


Sebab seleksi pada mekanisme pertama memang tidak melalui ujian, maknanya guru akan langsung penempatan jika memang sudah lulus passing grade.


Penempatan yang dimaksud akan diutamakan pada tempat tugas masing-masing atau di satuan pendidikan yang membutuhkan penambahan formasi.


Bagi guru yang sudah lulus passing grade, untuk bisa mengkonfirmasi hal tersebut baru bisa dilaksanakan kemungkinan pada pertengahnna bulan Juli, apabila tidak ada kendala.


Diprediksi jadwal pemilihan formasi akan dilaksanakan pada pertengahan Juli dan pengangkatan kemungkinan pada pertengahan Juli sampai akhir Agustus.


Bagi guru honorer yang akan login dengan menggunakan akun pribadi, maka formasi yang dipilihkan kelak akan sesuai dengan ijazah yang dimiliki.


Peserta nantinya bisa menyetujui pilihan formasi di sekolah yang sudah direkomendasikan oleh Kemdikbud.


Pemilihan formasi dari Kemdikbud tersebut diperhitungkan dengan data dari Dapodik dan lokasi dari kediaman pelamar.


Sekali lagi, aturan tersebut akan berlaku untuk pelamar prioritas pertama yaitu guru THK-II, guru honorer di sekolah negeri, lulusan PPG, dan guru swasta.***


Sumber : pikiran-rakyat.com


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.