Begini Cara Tahu Formasi PPPK Guru 2022 Masih Tersedia atau Tidak Lewat Sistem Ini, Simak Bagi P1 dan P2, Pastikan Pilihan Anda Benar
CopyAMP code

Begini Cara Tahu Formasi PPPK Guru 2022 Masih Tersedia atau Tidak Lewat Sistem Ini, Simak Bagi P1 dan P2, Pastikan Pilihan Anda Benar

Senin, 04 Juli 2022


Gurubisa.com - Pada mekanisme penempatan PPPK guru tahap 3 tahun 2022 terdapat aturan terbaru mengenai pemilihan formasi bagi para pelamar.


Adanya perubahan mekanisme penempatan ini berlaku bagi semua pelamar PPPK guru 2022, termasuk pelamar prioritas 1 dan 2.


Dari perubahan aturan penempatan ini membuat banyak pelamar PPPK 2022 yang belum mengetahui cara mengetahui bahwa formasi PPPK masih tersedia untuk para pelamar.


Berkaitan dengan itu, di bulan Juli ini masih dilakukan Rapat Koordinasi, antara Panselnas dan Pemerintah Daerah.


Tujuan dari Rapat Koordinasi ini adalah agar kuota yang diberikan oleh Kemdikbud dapat dimaksimalkan untuk semua pelamar PPPK 2022 agar bisa diangkat menjadi PPPK.


Sebab jika kuota tidak tersedia, maka akan ada banyak pelamar yang tidak mendapatkan formasi. Oleh sebab itu, dari pertengahan bulan Juli hingga akhir Agustus akan diagendakan sebagai pengangkatan bagi guru yang sudah lulus passing grade.


Kemudian untuk di bulan September hingga Desember, merupakan pelaksanaan rekrutmen 2022 yang berdasarkan kebijakan dari Kemdikbud.


Untuk peserta di bulan September hingga Desember adalah pelamar prioritas 2 dan umum.


Di samping itu, berdasarkan hasil Forum guru honorer negeri yang telah lulus passing grade 2021, bagi pelamar prioritas 1 dalam sistem pemilihan formasi, maka akan diarahkan oleh sistem untuk memilih formasi yang tersedia.


Dari sistem tersebut, pelamar prioritas 1 hanya cukup konfirmasi dengan memilih ‘Yes’ atau ‘No’.


Oleh sebab itu, berikut merupakan cara agar pelamar PPPK guru 2022 mengetahui formasi masih tersedia atau tidak, sebagai berikut:


1. Login ke akun SSCASN


Hal pertama yang harus dilakukan adalah pelamar harus memasukkan NIK dan kata sandi di SSCASN, kemudian klik ‘masuk’.


2. Konfirmasi Yes atau No


Ketika sudah masuk ke SSCASN, maka guru akan diarahkan untuk melakukan pemilihan formasi. Pada halaman SSCASN akan ada pilihan jabatan, lokasi formasi, IPK,


Kemudian, untuk jabatan silakan pilih yang sesuai dengan data pelamar, lalu untuk lokasi formasi akan ada contoh lokasi sekolah yang masih tersedia di sistem SSCASN.


Setelah muncul sekolah yang dipilihkan sistem, maka guru tinggal melakukan konfirmasi di sistem SSCASN.


Perlu diketahui untuk nama sekolah yang muncul di SSCASN pelamar, maka itulah formasi yang tersedia untuk PPPK 2022.


Hanya ada dua pilihan, yakni ‘Yes’ atau ‘No’. Oleh sebab itu, guru bisa memilih lokasi formasi yang lebih dekat dengan tempat tinggal pelamar.


3. Pastikan data lainnya


Setelah pelamar melakukan konfirmasi untuk kesediaan lokasi formasi, maka jangan lupa untuk mengisikan data seperti nama PT, dan nama prodi dengan benar.


Kemudian lanjutkan dengan mengisi data-data lain yang harus diisi di SSCASN.


Itulah cara mengetahui formasi PPPK guru 2022 tersedia atau tidak, bagi pelamar prioritas 1 dan 2.***


Sumber : pikiran-rakyat.com


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.