WASPADA, Banyak Nama Prodi Tak Muncul Saat Pendaftaran Seleksi PPPK Tahap 3 2022, Ini Penyebabnya
CopyAMP code

WASPADA, Banyak Nama Prodi Tak Muncul Saat Pendaftaran Seleksi PPPK Tahap 3 2022, Ini Penyebabnya

Jumat, 17 Juni 2022


Gurubisa.com - Anggota Ombudsman RI, Robert N Jaweng menyebut nomenklatur program studi menjadi salah satu kendala pendaftaran seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Banyak nama prodi dari pendaftar yang tidak muncul ketika pendaftaran.


Menurut Robert masalah ini sangat menarik. Pasalnya prodi-prodi pendaftar memang terbilang baru dan namanya identik dengan bentuk promosi dari perguruan tinggi.


"Umumnya sekolah atau perguruan tinggi saat ini membuka prodi yang namanya lebih ke marketing. Nama yang menjual agar orang tertarik," kata Robert secara daring, Kamis 16 Juni 2022.


Namun akhirnya nama prodi tersebut malah menjadi kendala. Nama-nama prodi yang muncul, kata dia, banyak yang tidak sesuai dengan standar.


"Namanya tidak sesuai dengan standar Kemendikbudristek. Repotnya ketika yang bersangkutan tamat, maka prodinya tidak terdaftar," ungkapnya.


Menurut dia perlu ada pengawasan lebih kepada lembaga pendidikan terhadap pendirian program studi baru. Ataupun perlu koordinasi lebih lanjut agar prodi dari perguruan tinggi bisa linear dengan prodi yang nantinya dipilih peserta ketika mendaftar PPPK maupun seleksi CASN.


"Jangan sampai nanti kita kerepotan sendiri. Ini perlu koordinasi untuk me-match-kan prodi-prodi ini ya agar secara rumpun keilmuan dia masuk," tutupnya.


Sumber : https://m.medcom.id/


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.