TERUNGKAP, Kondisi Guru Honorer yang Tidak Bisa Langsung Penempatan pada PPPK Guru Tahap 3 Tahun 2022, Cek Disini
CopyAMP code

TERUNGKAP, Kondisi Guru Honorer yang Tidak Bisa Langsung Penempatan pada PPPK Guru Tahap 3 Tahun 2022, Cek Disini

Minggu, 26 Juni 2022


Gurubisa.com - Guru honorer menjadi salah satu peserta dalam seleksi PPPK guru tahap 3 tahun 2022.


Guru honorer yang telah lulus passing grade pada seleksi PPPK tahun 2021, menurut informasi akan langsung penempatan atau mendapatkan formasi.


Dalam seleksi PPPK guru tahap 3 tahun 2022 ini memang memperioritaskan guru honorer yang telah lulus passing grade untuk ditempatkan di masing-masing sekolah.


Namun perlu diketahui, ada dua keadaan dimana guru honorer tidak bisa langsung penempatan dalam seleksi PPPK tahun 2022 ini. Apa saja?


Berikut penjelasan dua kondisi guru honorer yang tidak bisa langsung ditempatkan pada sekolah induk, yaitu:


1. Guru yang lulus PG lebih banyak


Kondisi yang pertama menunjukkan bahwa kebutuhan di sekolah induk lebih sedikit daripada jumlah guru yang telah lulus passing grade.


Hal itu terjadi karena guru THK 2 kalah pada nilai, dan guru honorer negeri kalah urutan kategori serta kalah urutan nilai.


2. Tidak memiliki sekolah induk


Apakah ada pelamar yang tidak memiliki sekolah induk? Jawabnya adalah guru lulusan PPG dan guru di sekolah swasta.


Guru honorer di sekolah swasta memang tidak memiliki sekolah induk.


Kemudian untuk urutan penempatan didahulukan yang pertama adalah guru THK 2, guru honorer di sekolah negeri, guru alumni PPG, dan baru guru honorer di sekolah swasta.


Apabila ada pelamar dari kategori yang sama, maka keputusan didasarkan pada urutan nilai dari guru tersebut. Artinya, jika nilainya lebih tinggi maka akan lebih dulu penempatan.


Menurut informasi, Pemerintah akan lebih dulu memberikan formasi pada guru honorer yang telah lulus passing grade pada seleksi PPPK tahun 2021.


Maka guru honorer yang telah lulus passing grade selanjutnya akan masuk dalam mekanisme pertama yakni langsung penempatan.***


Sumber : pikiran-rakyat.com


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.