KRITERIA PNS yang Tunjangan Sertifikasi Guru DIHAPUS, Cek Daftarnya, Semoga Anda Tidak Termasuk!
CopyAMP code

KRITERIA PNS yang Tunjangan Sertifikasi Guru DIHAPUS, Cek Daftarnya, Semoga Anda Tidak Termasuk!

Jumat, 17 Juni 2022


Gurubisa.com - Benarkah tunjangan sertifikasi guru dihapus? Apakah ada daftar kriteria khusus bagi guru PNS yang tunjangan sertifikasi guru 2022 akan dihapus? Cek daftarnya di sini.


Tunjangan Profesi Guru (TPG) umumnya dikenal pula sebagai tunjangan sertifikasi guru. Tunjangan ini diberikan pada guru PNS sebagai wujud penghargaan atas profesionalitasnya dalam menjalankan sistem pendidikan.


Pemberian tunjangan sertifikasi guru juga bertujuan untuk mengangkat martabat, meningkatkan kompetensi, meningkatkan mutu pembelajaran, meningkatkan pelayanan pendidikan yang bermutu, dan memajukan profesi guru.


Tunjangan sertifikasi guru dihapus jika terdapat guru PNS yang masuk ke dalam daftar bukan penerima tunjangan profesi guru sesuai dengan Peraturan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbud).


Lalu apa saja kriteria guru PNS yang tunjangan sertifikasi guru dihapus? Simak daftarnya berikut ini.


Kriteria Guru PNS Penerima Tunjangan Sertifikasi Guru


Untuk mendapatkan tunjangan sertifikasi guru atau tunjangan profesi guru seorang guru harus memenuhi kriteria penerima Tunjangan Sertifikasi Guru berikut ini.


(a)  Memiliki sertifikat pendidik.


(b)  Berstatus guru ASN.


(c)  Mengajar di sekolah yang telah tercatat di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).


(d)  Memiliki nomor registrasi guru yang diterbitkan oleh kementerian.


(e)  Melaksanakan tugas mengajar siswa dibuktikan dengan Surat Keputusan Mengajar, kecuali kepala sekolah.


(f)   Memenuhi beban kerja sesuai dengan ketentuan peraturan undang-undang, kecuali guru yang mengikuti pendidikan dan pelatihan selama 600 jam atau 3 bulan, guru yang mengikuti program pertukaran guru, magang, atau bertugas di daerah khusus.


(g)  Memiliki hasil penilaian kinerja minimal dengan sebutan “Baik”.


(h)  Mengajar dengan jumlah siswa sesuai dengan yang dipersyaratkan.


(i)    Tidak berstatus ganda atau menjadi pegawai tetap di instansi lain.


(j)    Boleh mengajukan cuti yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan, meliputi cuti tahunan, cuti besar, cuti sakit, cuti melahirkan, cuti karena ada alasan penting, dan cuti bersama.


Kriteria Guru PNS yang Tunjangan Sertifikasi Guru Dihapus


Menurut Permendikbud Nomor 4 Tahun 2022 Pasal 16, Pemerintah Daerah (Pemda) akan menghentikan pembayaran Tunjangan Profesi Guru atau dengan kata lain Tunjangan Profesi Guru dihapus bagi guru PNS di daerah dengan kriteria berikut ini.


1. Meninggal dunia.


2. Mencapai batas usia pensiun.


3. Mengundurkan diri atas permintaan sendiri.


4. Dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap.


5. Mendapat tugas belajar.


6. Tidak lagi menduduki jabatan fungsional guru.


7. Melaksanakan cuti di luar tanggungan negara.


Tunjangan profesi guru dihapus pada bulan berikutnya berlaku bagi guru yang meninggal dunia dan mencapai batas usia pensiun.


Sedangkan, tunjangan profesi guru dihapus pada bulan berkenaan berlaku bagi guru yang mengundurkan diri atas permintaan sendiri, dipidana penjara, mendapat tugas belajar, atau tidak lagi menduduki jabatan fungsional guru.


Pembayaran Tunjangan Sertifikasi Guru


Tunjangan profesi guru dibayarkan oleh Pemerintah Daerah atau Dinas Pendidikan provinsi/ kabupaten/ kota kepada guru PNS paling lambat 14 hari kerja setelah diterimanya dana di Rekening Kas Umum Daerah (RKUD).


Pembayaran TPG berdasarkan data guru PNS yang telah ditetapkan sebagai penerima tunjangan sertifikasi guru pada SIM-Bar.


Pembayaran TPG ke guru PNS dilakukan pada setiap 3 bulan dalam 1 tahun anggaran melalui rekening masing-masing dan dikenakan pajak penghasilan.


Pada tahun 2022 ini pembayaran triwulan II Tunjangan Profesi Guru dilakukan pada bulan Juni 2022 di mana sinkronisasi data telah dilakukan pada 31 mei 2022.


Besaran Tunjangan Sertifikasi Guru


Besaran Tunjangan Profesi Guru yang diterima oleh guru PNS adalah satu kali gaji pokok.


Demikian informasi mengenai kriteria guru PNS yang tunjangan sertifikasi guru dihapus.***


Sumber : https://www.ayobandung.com/


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.