INFO PENTING Kemendikbud untuk Seluruh Kepala Sekolah dan Guru Baik PNS Maupun Honorer, Simak!
CopyAMP code

INFO PENTING Kemendikbud untuk Seluruh Kepala Sekolah dan Guru Baik PNS Maupun Honorer, Simak!

Kamis, 09 Juni 2022


Gurubisa.com - Bagi para kepala sekolah maupun guru tanggal 10 Juni 2022 merupakan agenda yang penting dalam memahami kurikulum merdeka lebih dalam.


Tidak hanya itu, baik kepala sekolah maupun guru yang telah mendaftarkan sekolahnya untuk menjadi sekolah penggerak, tentunya memiliki kewajiban untuk menerapkan kurikulum merdeka.


Kementerian Pendidikan sudah mengeluarkan SK (Surat Keputusan) untuk sekolah yang menerapkan mandiri belajar, mandiri berubah, dan mandiri berbagi.


Sudah ada dua SK dan yang terbaru di tahun 2022 yaitu keputusan Kepada Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, nomor 027H/KR/2022.


SK tersebut membahasa mengenai satuan pendidikan pelaksana implementasi kurikulum merdeka melalui jalur mandiri pada tahun ajaran 2022/2023 tahap II.


Di dalam isi SK tersebut terdapat ribuan nama sekolah yang masuk ke dalam kategori sekolah yang menerapkan kurikulum merdeka, baik mandiri belajar, mandiri berubah, maupun mandiri berbagi.


Selain itu, untuk sekolah yang belum mendaftar implementasi kurikulum merdeka artinya nama sekolanya belum ada di SK tahap 1 dan 2.


Dalam hal tersebut, guru harus tetap melakukan pendekatan maupun pengembangan mandiri dengan memanfaatkan platform merdeka belajar.


Artinya diarahkan untuk tetap mengenal lebih dalam mengenai kurikulum merdeka.


“Kepala Sekolah dan Guru yang satuan pendidikannya belum mendaftar implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), tetap harus mengembangkan diri dengan memanfaatkan platform Merdeka Mengajar, khususnya fitur Pelatihan Mandiri, Unggah Bukti Karya, asesmen murid dan perangkat ajar,” kata Kemdikbud.


Sebagai informasi untuk para guru yang ingin mendapatkan info lebih dalam mengenai kurikulum merdeka, yakni portal resmi guru.kemdikbud, aplikasi Merdeka Mengajar, dan seri webinar dari Dirjen GTK.


Untuk seri 1 webinar dari Dirjen GTK sudah banyak membahas mengenai implementasi kurikulum merdeka.


Selain itu untuk seri 2 webinar dari Dirjen GTK membahas mengenai struktur kurikulum merdeka.


Lebih lanjut untuk webinar mengenai kurikulum merdeka ini, terdapat banyak seri yang di tanggal 10 Juni tahun 2022, akan masuk ke seri ke 7.


Adapun yang dibahas dari seri ke 7 webinar tersebut yaitu komunitas belajar dan layanan helpdesk.


Untuk kepala sekolah maupun guru webinar tersebut penting untuk diikuti agar para tenaga pendidik dapat memahami lebih dalam mengenai kurikulum merdeka.


Untuk pendaftaran webinar tersebut, guru dapat mendaftar di https://webinar-ikm.siptk.app/.***


Sumber : pikiran-rakyat.com


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.