TERBARU dari Kemendikbudristek, 5 Manfaat Baru NUPTK Guru di Tahun 2022-2023, Alhamdulillah Selamat Bagi Guru PNS, PPPK dan Honorer
CopyAMP code

TERBARU dari Kemendikbudristek, 5 Manfaat Baru NUPTK Guru di Tahun 2022-2023, Alhamdulillah Selamat Bagi Guru PNS, PPPK dan Honorer

Sabtu, 07 Mei 2022


Gurubisa.com - NUPTK merupakan kepanjangan dari nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan.


Nomor ini sangat penting untuk guru karena menunjukkan nomor identitas yang resmi dalam berbagai keperluan di bidang pendidikan.


Mengurus NUPTK harus dilaksanakan dengan segera, karena bisa saja terhambat dan memakan waktu yang lama.


Oleh karena itu, dapatkah para guru untuk mengecek apakah sudah terdaftar di dapodik.


Diketahui pada tahun 2022 -2023 ini NUPTK dijelaskan mempunyai fungsi yang sangat berguna untuk guru, dan diharapkan dapat menggunakannya secara baik.


Dikutip BeritaSoloRaya.com dari tayangan video yang diunggah kanal YouTube Guru Abad 21 pada Kamis, 5 Mei 2022, tentang 5 manfaat baru NUPTK di tahun 2022-2023.


Berikut ini 5 manfaat NUPTK yang harus diketahui dan sangat penting.


1. NUPTK menjadi syarat wajih mendapatkan beberapa beasiswa pendidikan dari Kemdikbud


Contohnya: Salah satu beasiswa dari kementerian pendidikan Microcredential bidang literasi bagi guru PAUD dan SD. Pada beasiswa ini salah satu persyaratannya memiliki nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan atau NUPTK.


Apabila para guru yang mendaftar beasiswa tersebut tidak mempunyai NUPTK maka hal itu akan menjadi kendala, dan penyebab guru tidak lulus.


2. NUPTK menjadi syarat wajib mengikuti PPG dalam jabatan


Diketahui bagi guru yang mengikuti PPP dalam jabatan harus mempunyai NUPTK.


Dan apabila Anda mengikuti pretest dan dinyatakan lulus, para guru juga tidak dapat mengikuti PPG dalam jabatan ketika tidak memiliki NUPTK.


Hal tersebut karena dalam regulasi kementerian pendidikan, atau peraturan kementerian pendidikan dan kebudayaan nomor 38 tahun 2020.


Tentang tata cara memperoleh sertifikat pendidik bagi guru dalam jabatan Permendikbud nomor 38 tahun 2020 dijelaskan bahwa:


Calon mahasiswa program PPG dalam jabatan harus memenuhi beberapa persyaratan, salah satunya memiliki NUPTK


3. NUPTK menjadi syarat honorer bisa menerima honorarium dari dana BOS (dalam situasi normal/tidak ada bencana)


Aturan ini berlaku jika dalam situasi normal artinya sudah tidak ada bencana lagi baik bencana alam ataupun pandemi. Ha itu dijelaskan menteri pendidikan nomor 2 tahun 2022 tentang petunjuk juknis dana BOS dan dana BOP.


Pada petunjuk jukni tersebut dijelasan bahwa pembayaran honor sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diberikan kepada guru dengan beberapa persyaratan, salah satunya pada poin ke-3 yaitu memiliki NUPTK.


4. NUPTK menjadi syarat wajib pencairan tunjangan profesi guru


Untuk para guru yang tidak memiliki NUPTK, maka status TPGnya tidak akan valid. 


5. NUPTK sering menjadi syarat wajib mengikuti kegiatan Kemdikbud untuk guru (lomba guru, seminar nasional, dan lainnya)


Dijelaskan bahwa NUPTK sangat penting untuk diikuti karena sering menjadi syarat untuk mengikuti olimpiade guru, lomba-lomba guru atau hal yang berkaitan dengan kegiatan pendidikan. ***


Sumber : pikiran-rakyat.com


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.