Kabar Gembira! Cara Terbaru untuk Mendapatkan Tunjangan Profesi Guru Tahun 2022, Guru Harus Tahu
CopyAMP code

Kabar Gembira! Cara Terbaru untuk Mendapatkan Tunjangan Profesi Guru Tahun 2022, Guru Harus Tahu

Senin, 16 Mei 2022


Gurubisa.com - Salah satu terobosan baru untuk para guru agar bisa mendapatkan peluang tunjangan profesi guru yaitu dengan diselenggarakannya PPG Prajabatan Model Baru.


Hasil akhir dari PPG Dalam Jabatan serta PPG Prajabatan Model Baru, yaitu keduanya akan mendapatkan sertifikat pendidik sebagai salah satu syarat untuk mendapat tunjangan profesi guru.


Dilansir BeritaSoloRaya.com melalui kanal YouTube Calon Guru (Kanjeng Mariyadi Ngawi), berikut ini penjelasan lengkap mengenai cara terbaru untuk mendapatkan tunjangan profesi guru Tahun 2022.


Saat ini, Kemendikbud Ristek tengah mempersiapkan pendaftaran untuk jadwal PPG Prajabatan Model Baru tahun 2022.


Dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa skema pendaftaran yang juga diperuntukkan guru yang telah menerima SK PPPK yang belum menerima sertifikat pendidik.


Perlu diketahui bahwa PPG Prajabatan Model Baru yang saat ini masih dibahas oleh Kemendikbud Ristek juga diprioritaskan untuk guru honorer yang telah bekerja bertahun-tahun di sekolahnya.


Hal ini diberikan oleh pemerintah sebagai apresiasi atas dedikasi kinerjanya selama ini dalam mencerdaskan anak bangsa.


Langkah ini merupakan salah satu terobosan dari Kemendikbud dalam mensejahterakan guru honorer. Kabar ini tentu sangat dinanti-nantikan oleh guru di berbagai daerah.


Akan tetapi, saat ini pemerintah belum dapat menentukan jadwal pasti untuk pendaftaran PPG Prajabatan Model Baru ini. 


Hal tersebut disebabkan oleh, hingga saat ini masih terdapat banyak hal yang belum dituntaskan dari PPG Dalam Jabatan seperti NI PPPK dan lain sebagainya.


Berikut adalah skema sebagai gambaran umum dari  PPG Prajabatan Model Baru mendatang.


1. Berbasis Sekolah


Maksudnya, yaitu setelah peserta mendapatkan penempatan sesuai dengan SK PPPK dan SPMT yang diterima, nantinya peserta akan bertugas di sekolah yang diarahkan.


2. Terintegrasi dengan Proses Induksi


Dalam hal ini, dikhususkan untuk sekolah negeri dan sekolah swasta dengan skema pembiayaan yayasan.


3. Efektif dan Efisien


PPG Prajabatan Model Baru dilaksanakan dan didasarkan sesuai dengan kebutuhan guru, selain itu PPG dan induksi terintegrasi. Artinya peserta PPG Prajabatan Model Baru sudah langsung mengenal sekolah tempat guru akan memulai karir.


Kemudian untuk lulusan PPG akan langsung bekerja, hal ini setelah guru mendapatkan SK PPPK, mengikuti PPG dan langsung sertifikasi, kemudian kembali ke sekolah sebelumnya maka akan langsung bekerja.


Sebagai tambahan informasi, PPG Prajabatan memiliki beberapa keuntungan dalam jenjang kariernya.


Sumber : pikiran-rakyat.com


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.