JADWAL Masuk PNS Usai Lebaran Bakal DIUNDUR? Ini Kata Menko PMK Muhadjir Effendy
CopyAMP code

JADWAL Masuk PNS Usai Lebaran Bakal DIUNDUR? Ini Kata Menko PMK Muhadjir Effendy

Rabu, 04 Mei 2022


Gurubisa.com - Pemerintah memprediksi, arus balik tahun ini jatuh pada tanggal 8 Mei 2022.


Sedangkan, para pekerja, termasuk PNS, akan kembali bekerja pada hari Senin, 9 Mei 2022.


Namun, terdapat kemungkinan para pemudik terlambat sampai karena kondisi jalan yang diperkirakan sangat padat, meskipun sudah ada imbauan untuk kembali lebih awal.


Menko PMK Muhadjir Effendy menanggapi sejumlah usulan untuk mencegah kemacetan parah, salah satunya dengan memundurkan jadwal masuk PNS satu atau dua hari ke belakang. Apakah hal ini memungkinkan?


"Pada dasarnya, kita tidak ada aturan yang memperlonggar, tapi silakan kebijakan masing-masing daerah untuk mengatur, bagaimana kesempatan balik ini diberi toleransi karena perjalanannya cukup bermasalah, perlu penanganan khusus," ujar Muhadjir dalam MNC News Prime, Rabu (4/5/2022).


Muhadjir mencontohkan, Kemendikbud telah memberikan kesempatan bagi kepala daerah untuk memberi toleransi pertemuan tatap muka di sekolah.


"Saya dapat informasi dari Kemendikbud memberikan kesempatan untuk daerah, di hari pertama tidak perlu tatap muka tapi daring saja untuk memberi kesempatan bagi mereka yang baru kembali (dari mudik)," jelasnya.


Adapun pemerintah memastikan akan menangani masalah dalam arus balik nanti, baik itu kemacetan hingga fasilitas jalan yang menunjang kebutuhan mudik.


"Pemerintah fokus di keselamatan dan keamanannya, kita akan menekan angka kecelakaan, jangan sampai mudik yang harusnya gembira tapi mendapat musibah yang haru


Sumber : okezone.com


Demikian berita terkini yang dapta kami bagikan, semoga bermanfaat.