ATURAN BARU THR dan Gaji 13 Tahun 2022 untuk PNS dan PPPK dari Kemenkeu, Cek Jangan Sampai Ketinggalan!
CopyAMP code

ATURAN BARU THR dan Gaji 13 Tahun 2022 untuk PNS dan PPPK dari Kemenkeu, Cek Jangan Sampai Ketinggalan!

Sabtu, 02 April 2022


Gurubisa.com - Pemberian THR dan mendapatkan gaji menjadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh Aparatur Negara seperti PNS dan PPPK.


Perihal THR dan gaji 13 tahun 2022 untuk PNS dan PPPK, telah diatur dalam surat dari Kementerian Keuangan nomor 42/PMK.05/2021 tentang petunjuk teknis pelaksanaan pemberian tunjangan hari raya dan gaji ketiga belas kepada Aparatur Negara, pensiunan, penerima pensiun, dan penerima tunjangan tahun 2021.


Pemberian THR dan gaji 13 untuk PNS dan PPPK ini diberikan dengan menggunakan anggaran pendapatan dan belanja negara.


Lebih lanjut di dalam isi surat tersebut terdapat Pasal 5 yang menjelaskan mengenai juknis THR dan gaji ke 13.


“Tunjangan Hari Raya dan gaji ketiga belas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 tidak diberikan kepada PNS, Prajurit TNI, dan Anggota Polri sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat 1 huruf a, huruf c, dan huruf d, dalam hal:


1. Sedang cuti di luar tanggungan Negara


2. Sedang ditugaskan di luar instansi pemerintah baik di dalam negeri maupun di luar negeri yang gajinya dibayar oleh instansi tempat penugasan, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan


Ketika sudah mengetahui poin a dan b, dapat diketahui untuk pegawai pemerintah yang sedang cuti tidak berhak mendapatkan THR di tahun 2022.


Seperti diketahui datangnya hari Raya Idul Fitri jatuh pada tanggal 1-2 Mei 2022, tentunya banyak pegawai pemerintah yang mengharapkan adanya THR dan gaji 13.


Akan tetapi, dari dua poin di atas dapat diketahui kriteria-kriteria pegawai pemerintah yang tidak berhak mendapatkan THR.


Selain itu, Kemenkeu juga menyampaikan bahwa PPPK juga akan mendapatkan THR, jika memenuhi syarat tertentu.


“Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang selanjutnya disingkat PPPK adalah warga Negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan,” tulis Kemenkeu.


Adanya pemberian THR dan gaji 13 pada pegawai pemerintah ini merupakan wujud penghargaan atas pengabdian kepada bangsa dan negara dengan memperhatikan kemampuan keuangan negara.***


Sumber : pikiran-rakyat.com


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.