ALAMAK, PPPK Tahap 3 DIHAPUS? Ini Kata Kemendikbudristek, SIMAK Langsung dari Sekjen GTK Nunuk Suryani
CopyAMP code

ALAMAK, PPPK Tahap 3 DIHAPUS? Ini Kata Kemendikbudristek, SIMAK Langsung dari Sekjen GTK Nunuk Suryani

Minggu, 20 Februari 2022



Gurubisa.com - Santer isu PPPK tahap 3 dihapus karena Panselnas dan Kemendikbud tak kunjung mengumumkan jadwal seleksi kompetensi III PPPK Guru 2021.


Sekretaris Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek Nunuk Suryani menjawab isu PPPK tahap 3 dihapus. Ia menegaskan, seleksi kompetensi III akan masuk ke periode seleksi PPPK Guru 2022.


"Terkait dengan ujian PPKK ketiga, sepertinya akan dilaksanakan dalam rangkaian seleksi PPPK Guru tahun 2022," ujar Nunuk terkait isu PPPK tahap 3 dihapus melalui Instagram pribadinya, dikutip Ayobandung.com.


Nunuk mengatakan, guru yang sudah lolos passing grade pada PPPK Guru 2021 tidak perlu kembali menempuh ujian. Ia menuturkan, dalam seleksi kompetensi III ini, jika yang dipilih mata pelajaran dan jenjang yang sama, maka nilai pada ujian tahap I dan II yang sudah melebihi ambang batas, masih bisa digunakan.


"Guru Honorer yang sudah mengabdi lebih dari 3 tahun, juga jangan khawatir. Kami sedang menyiapkan skema yang terbaik untuk para guru," ungkap dia.


Kemendikbudristek sampai saat ini belum secara resmi mengungkapkan jadwal pendaftaran PPPK Guru 2022 dan apakah tahap 3 ini hanya bisa diikuti oleh peserta yang tidak lulus seleksi kompetensi I dan II.


Namun masuknya PPPK tahap 3 ke dalam seleksi PPPK Guru 2022 memunculkan kekhawatiran jika para guru tidak dapat melakukan pemilihan formasi lintas daerah.


Dalam Permenpan RB Nomor 28 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk Jabatan Fungsional Guru pada Instansi Daerah Tahun 2021 disebutkan, pelamar dapat memilih kebutuhan PPPK di seluruh sekolah wilayah Indonesia yang belum terpenuhi pada seleksi kompetensi I dan II sesuai sertifikat pendidik dan/atau kualifikasi pendidikan pelamar.


Kriterianya:


1. Guru non-ASN yang mengajar di Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh instansi daerah dan terdaftar sebagai guru di Dapodik yang tidak lulus seleksi kompetensi II;


2. Tenaga Honorer Eks Kategori II sesuai database Tenaga Honorer Badan Kepegawaian Negara yang tidak lulus seleksi kompetensi II;


3. Guru Swasta yang mengajar di Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat dan terdaftar sebagai guru di Dapodik yang tidak lulus seleksi kompetensi II; dan


4. Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang belum menjadi guru dan terdaftar di database lulusan Pendidikan Profesi Guru Kemdikbudristek yang tidak lulus seleksi kompetensi II.


Peserta diharuskan melakukan pemilihan kebutuhan formasi ulang. Peserta bisa kembali mendaftar formasi melalui link pendaftaran di sscasn.bkn.go.id.


Jenis seleksi kompetensi III masih sama dengan seleksi kompetensi sebelumnya. Tiga seleksi yang harus diikuti peserta di antaranya Seleksi Kompetensi Teknis, Seleksi Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural, dan Seleksi wawancara.


Dipastikan kabar PPPK tahap 3 dihapus tidak benar. Informasi jadwal PPPK tahap 3 2022 untuk guru selengkapnya bisa dicek di situs resmi https://gurupppk.kemdikbud.go.id/.


Sumber : https://www.ayobandung.com/


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.