Seleksi PPPK Guru Tahap 3, Guru Honorer Negeri LULUS Passing Grade Langsung Isi FORMASI, Tidak Dites Lagi
CopyAMP code

Seleksi PPPK Guru Tahap 3, Guru Honorer Negeri LULUS Passing Grade Langsung Isi FORMASI, Tidak Dites Lagi

Selasa, 04 Januari 2022


Gurubisa.com - Para pentolan honorer K2 maupun non-K2 terus menyuarakan agar seleksi PPPK guru tahap 3 hanya optimalisasi. 


Tidak perlu lagi menggelar tes, tetapi menempatkan guru honorer negeri yang lulus passing grade namun, tidak punya formasi. 


"Jangan dites lagi mereka. Kalau sistemnya sama seperti PPPK guru tahap 2 sesuai ranking, guru honorer negeri sudah pasti tidak kebagian kursi," kata Ketua Solidaritas Nasional Wiyatabakti Indonesia (SNWI) Sumatera Selatan Susi Maryani kepada JPNN.com, Sabtu (25/12). 


Dia mengungkapkan jumlah guru honorer yang lulus passing grade cukup banyak. Tidak sedikit juga guru honorer yang sekolahnya tidak ada formasi mencoba di sekolah lain. 


Mereka lulus passing grade, tetapi karena sistem ranking kalah telak dengan peserta bersertifikat pendidik. 


Mereka berharap ikut seleksi tahap 3, tetapi kalau sistemnya ranking sudah dipastikan kalah lagi. 


"Kesimpulannya kesempatan untuk guru honorer di sekolah negeri hanya di tahap 1 bagi yang sekolahnya punya formasi. Bagi yang enggak punya formasi hanya ikut memperpanjang barisan," tuturnya. 


Dia berharap di tahun depan pemerintah memikirkan guru honorer yang ada di sekolah negeri. Mereka bukan tidak mau punya serdik, tetapi regulasi yang tidak mendukungnya.


Senada itu Ketua Forum Honorer K2 DKI Jakarta Nur Baitih mengaku sedih menerima telepon dan WhatsApp dari guru honorer yang tidak lolos formasi PPPK untuk kedua kalinya. Mereka mulai down bila harus ikut tes lagi dan sistemnya tidak diubah. 


"Apa pemerintah mendengarkan jeritan hati guru-guru honorer ini. Jangan tes lagi mereka, berikan formasi di tahap 3," tegasnya. 


Nur Baitih berharap pemerintah bisa memberikan diskresi bagi guru honorer K2 yang lulus passing grade PPPK tahap 1 dan 2, untuk optimalisasi seleksi tahap 3. (esy/jpnn)


Sumber : https://www.jpnn.com/


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.