SAH, JUMLAH FORMASI yang Resmi Diperebutkan Guru Honorer Sekolah Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG, Cek JADWAL Terbaru Pelaksanaan Seleksi PPPK Guru Tahap 2 DISINI
CopyAMP code

SAH, JUMLAH FORMASI yang Resmi Diperebutkan Guru Honorer Sekolah Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG, Cek JADWAL Terbaru Pelaksanaan Seleksi PPPK Guru Tahap 2 DISINI

Rabu, 03 November 2021


Gurubisa.com - Seleksi Kompetensi Tahap II untuk rekrutmen PPPK Guru mengalami penundaan. Jadwal semula, pada pekan pertama November 2021 seharusnya telah dilakukan proses pengumuman dan pemilihan formasi tahap II. Namun, agenda tersebut mundur sampai ada pemberitahuan selanjutnya. 


Nunuk Suryani selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek, mengatakan lewat akun instagram pribadinya @nunuksuryani, alasan penundaan ini karena sedang dilakukan evaluasi menyeluruh pada pelaksanaan Seleksi Kompetensi Tahap I. Informasi terbaru masih belum diketahui kapan pastinya. 


"Jadwal terbaru akan diumumkan melalui laman https://gurupppk.kemdikbud.go.id," kata Nunuk. 


Pada rekrutmen PPPK Guru 2021, jumlah lowongan yang diusulkan adalah 502.252 formasi. Hanya saja, pada seleksi tahap 1 baru 322.665 formasi yang dilamar. Ada 185.567 formasi yang masih kosong dari pilihan pelamar. 


Posisi kosong pelamar ditemukan pada formasi guru daerah terpencil. Misalnya Nias Utara, Halmahera Utara, Timor Tengah Selatan, dan sebagainya. 


Mengutip kanal Youtube Kemendikbud, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, pada seleksi I sudah menjaring setidaknya 53,7 persen formasi yang dilamar. Sisanya akan diperebutkan pada tahap II dan III. 


"Di ronde pertama saja dari 322.665 formasi yang dilamar oleh guru, 173.329 formasi telah terpenuhi," terang Nadiem. 


Pada seleksi tahap II dan III jumlah kebutuhan formasi yang tersedia sebanayak 149.336 formasi. Formasi ini bisa dipilih oleh pelamar pada agenda seleksi selanjutnya saat telah dibuka. 


Cara Cek Formasi Seleksi Kompetensi Tahap II 


Pengecekan formasi PPPK Guru 2021 dapat diketahui melalui situs Guru PPPK Kemdikbud di https://gurupppk.kemdikbud.go.id, atau lewat portal SSCASN pada fitur Simulasi Pemilihan Formasi (SPF). 


Tata cara pengecekan formasi melalui situs SSCASN bisa melalui langkah-langkah berikut: 


- Buka laman https://sscasn.bkn.go.id 


- Buka menu "Layanan Informasi", klik "Info Lowongan" 


- Tampilan otomatis diarahkan ke laman SPF 


- Pilih "PPPK Guru" pada kolom Jenis Pengadaan 


- Pilih nama instansi atau kota yang ingin dilamar formasinya pada kolom Instansi 


- Klik "Cari" Daftar formasi PPPK Guru yang dibuka, akan tampil secara otomatis di bagian bawah halaman.


Sumber : https://tirto.id


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.