Usai Pengunduran Jadwal, Dirjen GTK Minta Guru Honorer Perhatikan PENGUMUMAN Penting Ini, Seleksi PPPK Tahap II Segera Dimulai
CopyAMP code

Usai Pengunduran Jadwal, Dirjen GTK Minta Guru Honorer Perhatikan PENGUMUMAN Penting Ini, Seleksi PPPK Tahap II Segera Dimulai

Rabu, 27 Oktober 2021


Gurubisa.com - Kemendikbudristek telah menyelesaikan proses seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru tahun 2021 tahap pertama.


Setelah ini akan dilanjutkan proses seleksi PPPK Guru tahap 2. Beberapa formasi tenaga guru honorer telah terpenuhi. Namun dijamin masih banyak formasi yang masih tersedia.


Seleksi PPPK Guru tahun 2021 akan segera melanjutkan tahap 2 secepatnya.


Pada seleksi PPPK Guru tahap I ada sekitar 53,7 persen formasi guru telah terisi dari 322.665 formasi guru ASN PPPK dengan pelamar pada ujian seleksi tahap pertama (I).


Tahapan seleksi kompetensi PPPK Guru tahap 2 mengalam pengunduran jadwal dari rencana sebelumnya mulai tanggal 24 Oktober 2021.


Sebanyak 173.329 guru honorer dinyatakan lulus seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahap I atau pertama.


Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Nunuk Suryani, dalam akun instagramnya, Sabtu 23 Oktober 2021 memberitahukan adanya pengunduran jadwal tersebut.


Oleh karena itu bagi peserta tes PPPK Guru tahap I agar semua peserta memperhatikan pengumuman tersebut.


Sebagaimana prosedur pada tahap 1, pemilihan serta pendaftaran formasi tahap 2 bakal diselenggarakan secara daring lewat situs sscasn.bkn.go.id.


Formasi yang akan dibutuhkan pada tahap 2 merupakan formasi PPPK Guru yang belum terpenuhi pada seleksi tahap 1.


“Di ronde pertama saja dari 322.665 formasi yang dilamar oleh guru, 173.329 formasi telah terpenuhi,” jelas Nadiem Makariem sebagaimana dikutip dari Youtube Kemendikbud RI.


Nadiem menjelaskan kalau jumlah itu kurang lebih sudah melengkapi lebih dari setengah formasi yang dilamar.


Dalam penjelasannya, seleksi tahap2 dan tahap 3 mungkin saja punya kebutuhan formasi yang masih kosong berkisan 149.336 formasi.


Dalam laman resmi gurupppk.kemdikbud.go.id, portal SSCASN dipakai sebagai gerbang masuk pendaftaran pertama seleksi Aparatur Sipil Negara mencangkup juga PPPK Guru.


Maka untuk peserta yang sebelumnya pernah daftar sehingga memiliki akun SSCASN, tidak perlu lagi repot-repot mendaftar ulang.


Terdapat beberapa tahapan yang mesti ditempuh dalam mekanisme seleksi PPPK Guru tahap 2.


Tahapan utama tentu saja memilih formasi. Beerdasarkan situs dari laman kemdikbud.go.id, ada beberapa lagkah seleksi PPPK Guru tahap 2:


· Peserta mendaftarkan formasi melalui ke sscasn.bkn.go.id sebagai bukti mengikuti ujian PPPK Guru tahap2


· Peserta bisa memilih sekolah lain dan bukan sekolah sendiri namun masih dalam satu daerah kewenangan


· Peserta bakal memperoleh lokasi dan jadwal ujian setelah melakukan pendaftaran


· Peserta mecetak kartu peserta ujian


· Bila yang dipilih mata pelajaran dan jenjang yang sama, maka nilai yang sudah diperoleh pada ujian 1, yang sudah melebihi ambang batas, masih bisa digunakan.***


Sumber : pikiran-rakyat.com


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.