TERBARU, Daftar Lengkap Bansos yang Cair Oktober 2021, BLT/BSU Gaji juga Salah Satu yang Disalurkan, SELAMAT!
CopyAMP code

TERBARU, Daftar Lengkap Bansos yang Cair Oktober 2021, BLT/BSU Gaji juga Salah Satu yang Disalurkan, SELAMAT!

Jumat, 01 Oktober 2021


Gurubisa.com - Pada bulan Oktober 2021, pemerintah kembali akan menyalurkan beberapa bantuan sosial yang ditujukan kepada masyarakat yang sedang terdampak pandemi COVID-19.


Pada Oktober 2021 ini, bantuan akan diberikan sama halnya seperti bantuan sosial sebelumnya, yaitu berupa uang tunai, pelatihan, dan pemberian langsung bahan pokok.


Berikut adalah informasi lengkap tentang bansos yang masih dapat dicairkan Oktober 2021 mendatang, ada 5 jenis bansos yang dapat dicairkan di antaranya adalah :


1. Kartu Prakerja


Kartu Prakerja telah berjalan hingga gelombang 21 saat ini, Kartu Prakerja diprediksikan masih akan dibuka untuk gelombang 22 pada Oktober 2021 dengan memanfaatkan sisa anggaran dari kepesertaan yang dicabut.


Hal ini disampaikan langsung oleh  Head of Communication PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu.


“Kami terus memantau kepesertaan yang dicabut dari gelombang 18-21 karena tidak membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari setelah dinyatakan lolos sebagai peserta Prakerja," ujar Lousia Tuhatu.


Kartu Prakerja merupakan bantuan sosial dari pemerintah berupa dana pelatihan untuk digunakan mengikuti program pelatihan yang disediakan, nantinya setelah mengikuti pelatihan akan diberikan insentif sebesar Rp.600 ribu sebanyak empat kali pencairan.


Pendaftaran bantuan Kartu Prakerja gelombang 22 pada Oktober 2021 dapat diakses melalui website www.prakerja.go.id.


2. Subsidi Gaji


Selain Kartu Prakerja, pada Oktober 2021 juga ada BLT subsidi upah atau disebut BLT BSU BPJS Ketenagakerjaan tahap 4 dan 5 senilai Rp 1 juta.


Oktober 2021 ini, melalui bank Himbara rencananya akan dicairkan BLT BSU tahap 4 dan 5 Rp 1 juta kepada 4,1 juta karyawan.


Bantuan subsidi gaji ini hanya akan diberikan kepada para karyawan atau pekerja yang berada di wilayah pemberlakuan PPKM level 3 dan 4 serta terdaftar sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan.


3. Subsidi Listrik PLN


Bantuan subsidi listrik PLN telah diperpanajang hingga triwulan IV hingga Desember 2021. Masih ada kesempatan bagi anda yang ingin mendaftar bantuan subsidi listrik PLN pada Oktober 2021 ini.


Bantuan subsidi listrik PLN nantinya akan diberikan dalam bentuk diskon dan pembebasan biaya sesuai dengan syarat yang telah ditentukan.


Dilansir dari laman Ombudsman, anggaran untuk bantuan listrik PLN pada triwulan IV 2021 ini adalah sebesar Rp2,54 triliun.


Untuk pelanggan listrik bersubsidi 450 VA dan 900 VA akan diberi keringanan diskon tariff listrik mulai dari 25 persen hingga 50 persen.


Untuk mengecek bantuan listrik PLN Oktober 2021 ini, anda dapat mengakses langsung melalui PLN Mobile.


4. Bansos Sembako BPNT 2021


Menteri Sosial Tri Rismaharini dalan Rapat Kerja (Raker) bersama dengan Komisi VII DPR RI, Menteri Agama, Menteri PPA, dan Kepala BNPB mengusulkan adanya penambahan anggaran bansos sembako BPNT 2021.


Bantuan kartu sembako akan disalurkan sebanyak Rp 200 per bulannya selama 12 bulan. Hal ini diusulkan untuk dilakukan penambaha anggaran Rp 14,16 triliun disertai penambahan jumlah penerima bansos sembako BPNT.


Apabila usulan ini diterima, realisasi penyaluran bantuan akan dilakukan pada awal Oktober 2021 ini.


Pendaftaran bantuan Sosial Sembako BPNT Oktober 2021 dapat dilakukan aplikasi Cek Bansos dengan mendownload aplikasi Cek Bansos di Playstore.


5. Bantuan Sosial Kemensos PKH


Pada bulan Oktober 2021 ini, bansos Program Keluarga Harapan atau PKH yang merupakan bantuan yang diberikan oleh Kementrian Sosial akan cair tahap ke 4.


Bantuan sebesar Rp 4,8 juta akan diberikan kepada lansia 70 tahun ke atas dan penyandang disabilitas berat.


Pada Januari, April, Juli, hingga Oktober 2021 bansos PKH telah disalurkan melalui rekening BNI, Mandiri, dan BTN dengan kuota 10 juta keluarga.


Bantuan Sosial Kemensos PKH pada Oktober 2021 dapat dicek dengan mengakses link cekbansos.kemensos.go.id.


Itulah tadi beberapa bansos yang masih dapat cair pada Oktober 2021. Apabila anda belum pernah mendapatkan bantuan sosial, silahkan mengunjungi situs resmi yang tertera.***


Sumber : pikiran-rakyat.com


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.