INFO TERBARU, Menteri Agama Punya Kabar Gembira Buat Guru dan Dosen Soal Bantuan, Alhamdulillah...
CopyAMP code

INFO TERBARU, Menteri Agama Punya Kabar Gembira Buat Guru dan Dosen Soal Bantuan, Alhamdulillah...

Rabu, 06 Oktober 2021


Gurubisa.com - Kementerian Agama (Kemenag) menyalurkan bantuan berupa paket data untuk siswa dan guru madrasah, serta dosen dan mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). 


Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatan bantuan dengan total 3.6 juta paket data itu diberikan agar pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) tetap lancar. 


"Alhamdulillah, untuk tahap ketiga ini telah tersalurkan 3,6 bantuan paket data ke stakeholders lembaga pendidikan binaan Kementerian Agama," kata Yaqut dalam keterangannya, Rabu (6/10). 


Yaqut optimistis dengan adanya bantuan ini hak peserta didik mendapatkan pelayanan pendidikan selama pandemi Covid-19 bisa terpenuhi. 


Dia memerinci bantuan tersebut disalurkan kepada 518.978 mahasiswa dan 16.243 dosen PTKI. 


Kemudian, sebanyak 405 dosen Pendidikan Agama Islam (PAI) di perguruan tinggi umum juga menerima bantuan tahap ketiga ini. 


Selain itu, bantuan juga diberikan kepada 446.243 guru madrasah, 26.117 guru PAI di sekolah umum, 431.786 siswa madrasah aliyah, 774.634 siswa madrasah tsanawiyah, 1.105.585 siswa madrasah ibtidaiyah, dan 291.181 siswa raudhatul athfal. 


Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag M Ali Ramdhani menyebutkan jumlah total penerima bantuan paket data untuk PJJ sebanyak 3.611.678 orang.


"Para penerima bantuan paket data ini adalah mereka yang nomor ponselnya sudah terdaftar di salah satu sistem aplikasi, di antaranya EMIS, SIMPATIKA/SIAGA, Aplikasi PTU, dan Aplikasi Lintasi DAI,” ucap Dhani. 


Adapun EMIS atau Education Management Information System merupakan situs untuk tenaga pengajar dan siswa madrasah. 


Ada juga SIMPATIKA atau Sistem Informasi dan Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Kementerian Agama yang menjadi aplikasi untuk pendidik dan tenaga kependidikan. 


Untuk SIAGA atau Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama dikembangkan bagi para pendidik. 


Kemenag juga menyediakan sistem informasi untuk mahasiswa dan dosen melalui aplikasi Perguruan Tinggi Umum (PTU) dan Aplikasi Informasi dan Administrasi Dosen Agama Islam (Lintas DAI). (mcr9/jpnn)


Sumber : jpnn.com


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.