HARAP Tenang, GAGAL Seleksi PPPK Tahap I, II dan II, Guru Honorer Bakal jadi ASN PPPK 2022, Ini Kabar Gembiranya
CopyAMP code

HARAP Tenang, GAGAL Seleksi PPPK Tahap I, II dan II, Guru Honorer Bakal jadi ASN PPPK 2022, Ini Kabar Gembiranya

Selasa, 26 Oktober 2021


Gurubisa.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) kembali membuka usulan kebutuhan formasi PPPK 2022. 


Keputusan itu tertuang dalam surat bernomor: B/1551/S.SM.01.00/2021 tertanggal 22 Oktober yang ditandatangani SesmenPAN-RB Dwi Wahyu Atmaji. 


Dalam surat yang ditujukan kepada pejabat pembina kepegawaian (PPK) pusat dan daerah, Atmaji mengungkapkan pengusulan kebutuhan ASN 2022 dibuka kembali sampai akhir November 2021. 


"Untuk detail mekanisme dan jadwal pengusulan kembali bisa diakses pada e-formasi," kata Atmaji dalam suratnya. 


Dia menegaskan pengadaan ASN 2022 hanya untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK. Sedangkan untuk rekrutmen CPNS ditiadakan. 


Pengusulan kebutuhan formasi PPPK 2022, lanjutnya, berdasarkan kebutuhan jabatan dengan memperhatikan pedoman perhitungan kebutuhan formasi dari instansi pembina. 


"Pengusulan harus memperhatikan juga jumlah pegawai yang memasuki batas usia pensiun, penetapan kebutuhan formasi 2021, kemampuan keuangan, dan fiskal untuk belanja pegawai," terang Atmaji. 


Dia mengingatkan para PPK untuk mencantumkan masa hubungan perjanjian kerja PPPK.


Khusus untuk instansi daerah, Atmaji mengatakan pengusulan diutamakan pada jabatan-jabatan yang dimungkinkan diisi honorer K2 dengan memperhatikan kualifikasi pendidikan yang dimiliki saat ini dan sesuai dengan persyaratan jabatan fungsional.


Sebelumnya MenPAN-RB Tjahjo Kumolo sudah menegaskan tidak ada perekrutan CPNS tahun depan.


Pemerintah akan fokus pada pengadaan PPPK. Apalagi masih ada sekitar 500 ribu sisa formasi PPPK guru yang belum terserap. (esy/jpnn)


Sumber : jpnn.com 


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.