CATAT, Ini Janji-janji Nadiem untuk Kesejahteraan Guru di Seluruh Indonesia
CopyAMP code

CATAT, Ini Janji-janji Nadiem untuk Kesejahteraan Guru di Seluruh Indonesia

Selasa, 05 Oktober 2021


Gurubisa.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim janji akan mempriortiaskan kesejahteraan guru. Hal itu disampaikannya dalam rangka memperingati Hari Guru Sedunia.

 

"Kami terus mendengarkan masukan dari lembaga serta memprioritaskan peningkatan kesejahteraan dan kualitas guru demi kemajuan Indonesia di masa mendatang," ujar Nadiem dalam pidato hari guru sedunia 2021, Selasa 5 Oktober 2021.

 

Nadiem turut berterima kasih atas kerja keras dan dedikasi guru dalam mendidik anak Indonesia menjadi generasi Pancasila yang cerdas berkarakter. Pada Hari Guru Sedunia ini, menurut Nadiem, tantangan para guru ialah pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran.


Hal tersebut tak lepas dari kondisi pandemi, yang memaksa pembelajaran dilakukan secara jarak jauh. "Bapak/ibu guru ditantang untuk melakukan pemanfaatan teknologi pembelajaran daring yang menarik. Sementara di daerah yang sulit akses internet banyak guru yang menantang risiko dengan mengajar dari rumah ke rumah," jelas dia.

  

Atas dasar itu pula, pihaknya memberikan dukungan lewat berbagai kebijakan. Mulai dari relaksasi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk gaji guru honorer, hingga subsidi kuota internet.

 

"Kami memberikan opsi bagi guru untuk menerapkan kurikulum darurat yang lebih ramping dan sederhana.  Kami membagikan modul pembelajaran dipasang untuk membantu pembelajaran di daerah yang sulit internet. Kami mengembangkan platfom guru belajar dan berbagi sehingga para guru dapat saling belajar," tuturnya.

 

Di sisi lain, pihaknya juga afirmasi terhadap seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) bagi guru pelamar yang memiliki sertifikat pendidik. Afirmasi juga diberikan kepada guru yang berusia lebih dari 35 tahun, penyandang disabilitas, THK2 dan aktif mengajar paling tidak selama tiga tahun.

 

Nadiem menyebut, setiap hari ialah Hari Guru. Nadiem mengapresiasi para guru yang telah memberikan pelayanan terbaik di masa pandemi.

 

"Bapak dan ibu tidak pernah berhenti mengabdikan diri untuk mendidik anak-anak kita. Saya ingin mengucapkan terima kasih terima kasih atas kerja keras dan dedikasi ibu dan bapak," tutup dia.


Sumber : https://www.medcom.id/


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat